Stok Beras Aman Jelang Ramadhan dan Idul Fitri Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
27 Februari 2020, 16:00

Foto: Bersiap Menjaga Pasokan dan Harga Beras Menjelang Puasa

Perum Bulog mulai berbenah untuk memastikan pasokan beras menjelang bulan puasa Ramadan, juga Idul Fitri, yang tinggal dua purnama lagi. Untuk mengecek ketersediaan bahan pokok tersebut, hari ini, Kamis (27/2/2020), Dirut Bulog Budi Waseso mendatangi Gudang Bulog Kanwil DKI dan Banten di Kelapa Gading.

Menurut Budi, stok beras nasional saat ini mencapai 1,7 juta ton. Karena itu dia berharap masyarakat tidak perlu khawatir akan pasokan maupun harganya.

Untuk menjaga kestabilan harga medium, misalnya, Bulog di seluruh wilayah akan aktif menggelar program Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Harga. Realisasi pelaksanaan KPSH sejak Januari sampai 26 Febuari 2020 sebesar 300 ribu ton.

(Baca: Stok 1,7 Juta Ton, Buwas Sebut Pasokan Beras Bulog hingga Lebaran Aman)

“Kami laksanakan setiap hari secara masif melalui pengecer di pasar tradisioanl, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita, sinergi BUMN, serta distributor sehingga mampu menahan laju kenaikan harga beras hampir selama 2019,” kata Budi.

Di sisi lain, Bulog turut mensuplai beras untuk program Bantuan Pangan Non Tunai. Penyalurannya melalui e-warung dan jaringan atau agen bank-bank negara (Himbara) serta Rumah Pangan Kita. Sampai 26 Febuari 2020, Bulog menyalurkan 43 ribu ton.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.