Demo Tolak Revisi UU KPK dan KUHP Show
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Image title
21 September 2019, 06:05

Foto: Berarak Menolak Revisi Undang-undang yang Kontroversial

Sepanjang pekan ini demonstrasi silih berganti di sejumlah sudut Ibu Kota Jakarta dan kota lainnya. Sebagian besar dari mereka meradang dengan “ulah” Dewan Perwakilan Rakyat dan pemerintah yang mengesahkan revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa kemarin. Banyak yang menilainya sebagai alat untuk melemahkan upaya pemberantasan korupsi.

Kegeraman massa kembali tersulut ketika hari berikutnya rapat kerja DPR dan pemerintah mengetok revisi Undang-Undang Pemasyarakatan dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Banyak pasal kontroversial, termasuk klausul-klausul yang dapat meringankan hukuman bagi para koruptor.

(Baca: Audiensi Tolak RUU KPK & RKUHP, Mahasiswa Kecewa Ditemui Sekjen DPR)

Berbagai reaksi dan penolakan ini dilakukan oleh elemen masyarakat dan mahasiswa. Mereka mendatangi kantor KPK dan Gedung DPR di Senayan, Jakarta untuk menyuarakan gugatan. Melihat keriuhan ini, Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta DPR menunda pengesahan revisi KUHP.

Pewarta foto Katadata.co.id, Ajeng Dinar Ulfiana dan pewarta foto Antara merekam kejadian sepekan demonstrasi tersebut dalam berbagai kesempatan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.