Habibie Wafat Show
FOTO ANTARA/P02
Image title
Oleh Arief Kamaludin
12 September 2019, 18:45

Foto: Selamat Jalan Mr. Crack, Bacharuddin Jusuf Habibie

Ia lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 juni 1936. Dalam usia 83 tahun, Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019. Fungsi organ-organnya telah melemah termakan usia, yang memaksanya mengembuskan napas terakhir pada pukul 18.05.

Habibie sudah termasyhur jauh sebelum dia menjadi orang nomor satu di Indonesia menggantikan Soeharto. Di dunia kedirgantaraan, namanya begitu harum tatkala menemukan Teori Habibie yang dikenal sebagai Crack Progession Theory. Di sana dijelaskan mengenai titik awal retakan pada sayap dan badan pesawat untuk meminimalkan risiko kecelakaan. Pesawat pun dapat bermanuver lebih aman dan tak perlu menambah beban konstruksi sebagaimana teori sebelumnya.

Hari ini, Kamis (12/9), orang berbondong-bondong mengiringi kepergiannya. Habibie dikebumikan dengan prosesi militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memimpin doa saat pemakaman. Hadir pula di sana Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

Selamat jalan Mr. Crack.