Kampanye Akbar GBK Dua Capres Show
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Image title
14 April 2019, 06:00

Berebut Suara di Panggung Raksasa Gelora Bung Karno

Hanya terpaut sepekan, Gelora Bung Karno, Jakarta, kembali tenggelam dalam lautan massa. Kemarin, pendukung calon pasangan presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin membanjiri area olahraga tersebut.

Dari segenap penjuru Indonesia, mereka berarak sejak pagi dan mulai menyemut di stadion utama ketika matahari tepat di atas ubun-ubun. Orang-orang yang sebagian besar berpakaian serba putih itu menghadiri kampanye akbar terakhir pasangan nomor 01 bertajuk Konser Putih Bersatu.

(Baca: Kampanye Terakhir, Jokowi Putihkan GBK, Sandi Main Gitar di Tangerang)

Sejatinya, perhelatan tersebut lebih menyerupai festival ketimbang kampanye. Para pendukung dihibur musik dengan aneka lagu. Ada penampilan musisi, budayawan, dan ratusan artis. Beberapa nama tenar yang hadir antara lain Slank, Addie MS, Bimbo, Ida Royani, Glenn Fredly, Sandy Sandoro dan Yuni Shara.

Mereka juga melakukan ombak massa selama acara berlangsung. Di sekitar area Gelora Bung Karno tersebar atribut partai politik pendukung Jokowi-Ma'ruf. Kampanye akbar dimulai sejak pukul 12.00 WIB, dan Jokowi-Ma'ruf memberikan orasi sekitar pukul 16.30-17.00 WIB.

Satu pekan sebelumnya, Minggu (7/4), kawasan ini juga dibanjiri ratusan ribu para pendukung calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Mereka mulai berdatangan sebelum fajar mulai memerahkan langit di ujung Timur Jakarta.

(Baca: Di Kampanye Akbar, Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Jusuf Kalla)

Prabowo tiba di atas panggung utama sekitar pukul 04.20 WIB, dengan mengenakan celana panjang hitam, kemeja takwa putih lengan panjang, kopiah hitam, dan syal atau sorban berwarna merah. Sementara Sandiaga menyusul di belakangnya dengan mengenakan sarung berwarna gelap, kemeja takwa putih lengan panjang dan kopiah hitam.

Di Gelora Bung Karno, Jokowi dan Prabowo berebut suara rakyat, menyampaikan janji-janjinya bila menjadi orang nomor satu di Indonesia untuk lima tahun mendatang. Sebuah perhelatan terbesar selama kampanye terbuka tiga pekan ini.