Penutupan Asian Games 2018 Show
ANTARA FOTO/INASGOC/Rosa Panggabean
Arief Kamaludin
Oleh Arief Kamaludin
3 September 2018, 16:37

Pesta Akhir dalam Taburan Kembang Api dan Hujan

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Ahad sore hingga malam (2/10) tak membendung lautan massa membanjiri Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. Mereka tetap antusias mengikuti pesta akhir Asian Games 2018.

Setelah rentetan prosesi penutupan ajang olahraga terbesar se-Asia itu, pengunjung disuguhi aneka pertunjukan. Banyak penyanyi tampil, seperti Isyana Sarasvati, Siti Badriah, Gigi, RAN, dan Super Junior, selain aneka parade. Kembang api yang bertaburan makin memeriahkan suasana.

Sejalan dengan slogan ‘Energy of Asia’ yang diusung Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang ini, upacara pembukaan dan penutupan membawa semangat Bhinneka Tunggal Ika yang mengeksplorasi kekayaan budaya Indonesia. Ini menjadi pertunjukan seni dan budaya yang dimeriahkan oleh ribuan seniman.

Pesta ini menandai berakhirnya Asian Games 2018 yang berlangsung sejak 18 Agustus-2 September 2018. Sebagai tuan rumah, Indonesia meraih 98 medali, yang terdiri dari 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu, sebuah pencapaian yang jauh melampaui target para pemangku olahraga di Tanah Air. Dengan hasil ini, Indonesia finis di urutan ke-4 peraih medali emas terbanyak.