Jokowi Jack Ma Show
Biro Pers Istana Kepresidenan
Arief Kamaludin
2 September 2018, 06:00

Ada Jack Ma di Istana Bogor dan Jakabaring

Ada yang lain pada Sabtu pagi (1/9) kemarin di Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri Kabinet Kerja menjamu pendiri dan CEO Alibaba Group, Jack Ma. Pertemuan tersebut bagian dari lawatan salah satu orang terkaya di dunia ini ke Indonesia sekaligus untuk menghadiri penutupan Asian Games 2018 hari ini.

Karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan, Jack Ma dan Jokowi tidak sekadar membahas masalah bisnis. “Bagi Jack Ma pribadi, bisnis bukan lagi ukuran nomor satu di Indonesia,” kata Rudiantara. Jack Ma saat ini mempunyai peran sebagai penasihat bagi Steering Committee Peta Jalan E-commerce Indonesia.

Kunjungan terebut juga sebagai apresiasi Alibaba atas Asian Games 2018 di Jakarta - Palembang, serta dukungan untuk Asian Games 2022 yang akan berlangsung di Hangzhou, Tiongkok. Kota ini merupakan tempat kelahiran Jack Ma 54 tahun lalu.

Sehari sebelumnya, Jack Ma datang ke Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang. Lelaki yang tercatat oleh Forbes memiliki total kekayaan US$ 38,7 miliar atau setara Rp 570 triliun itu berjalan menuju podium untuk memberi boneka maskot Asian Games 2018 pada tim sepak bola wanita Cina. Dalam cabang olahraga ini, Jepang menang atas Tiongkok dengan skor 1-0 yang memastikannya merah medali emas disusul Cina dengan medali perak dan Korea Selatan medali perungu.