Pendaftaran Capres Cawapres Pilpres 2019 Show
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Image title
10 Agustus 2018, 21:24

Dua Pria Berlaga Menuju RI 1: Jokowi vs Prabowo

Tiga hari ini suasana Jakarta begitu bergemuruh dengan kegiatan politik. Tak ada hentinya partai-partai saling melobi, menjagokan calon wakil presidennya untuk disodorkan kepada Joko Widodo dan Prabowo Subianto, dua kandidat presiden pada Pilpres 2019.

Setelah melewati berbagai manuver, Presiden Jokowi akhirnya menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya untuk merengkuh periode kedaua kekuasaannya. Sementara Prabowo menjatuhkan pilihannya kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

(Baca juga: Alasan Jokowi dan Parpol Pilih Ma'ruf Amin sebagai Cawapres).

Hari ini, Jumat (10/8), kedua pasangan capres-cawapres tersebut mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum Pusat, Jakarta. Hadir pertama kali pasangan Jokowi-Amin, kemudian disusul setelah salat Jumat pasangan Prabowo- Sandi.

Tiap pasangan calon diarak iring-iringan dari berbagai elemen masyarakat: capres Jokowi dengan nuansa kebhinnekaannya dan capres Prabowo dari buruh dan keumatan. Berbagai macam atribut mereka tampilkan untuk mendukung pasangan calon masing-masing

(Baca pula: Pilpres 2019 Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandiaga).

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019, masa pendaftaran berlangsung selama tujuh hari, yaitu 4-10 Agustus 2018. Artinya, sekarang adalah hari terakhir mereka mendaftar untuk berlaga menuju RI 1.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.