Bantuan Sembako Selama Pandemi Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
25 April 2020, 06:15

Foto: Bantuan 1,9 Juta Paket Sembako Selama Pandemi

Pemerintah mulai menyalurkan bantuan paket sembako bagi mereka yang terdampak pandemi virus corona. Pekan ini Kementerian Sosial dan Kepolisian Daerah Metro Jaya mulai membagikan sembako untuk masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan, bantuan tersebut untuk memastikan kehadiran negara dalam menghadapi Covid-19. Dalam tahap awal, paket sembako disalurkan ke penduduk DKI Jakarta. “Menyusul wilayah di sebagian Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi,” kata Juliari usai melepas tim yang membagikan sembako di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/4).

Menurut dia, sekitar 1,3 juta paket sembako akan dikirimkan ke keluarga-keluarga di Jakarta. Kemudian, 600 ribu paket bantuan disalurkan untuk warga di sekitar Ibu Kota. Juliari pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu proses pembagian sembako, seperti PT Pos.

(Baca: Aksi Pemda Cegah Mudik, Insentif Rp 600 Ribu hingga Berbagi Sembako)

Dia berharap bantuan yang bergulir selama tiga bulan ke depan bisa sampai ke tangan yang membutuhkan. “Walau hari ini secara simbolis, sembako sudah mulai distribusi ke wilayah-wilayah DKI dan akan terus bergulir,” ujarnya.

Pembagian sembako merupakan bagian dari instruksi Presiden Jokowi dalam penanganan pandemi Covid-19. Dilansir dari Antara, paket sembako ini bernilai Rp 600 ribu per kepala keluarga per bulan. Bantuan dibagikan dalam dua termin per bulan selama tiga purnama.

“Isi paket sembako ada 10 jenis: mie instan, kornet, sarden, saos sambal, kecap manis, susu, minyak goreng, teh celup, beras, serta sabun mandi,” kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin.

Foto: Bantuan 1,8 Juta Paket Sembako Selama Pandemi

(REVISI: Artikel esai foto ini diubah pada Sabtu, 25 April 2020, pukul 20.15 WIB, pada bagian judul, pengantar, paragraf ketiga. Perubahan ini terkait adanya informasi baru dari Kementerian Sosial mengenai total jumlah paket sembako yang dibagikan.)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.