Dilarang Mudik Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
29 April 2020, 06:00

Foto: Mudik, Silakan Putar Balik ke Jakarta

Tiga hari setelah larangan mudik aktif berlaku, mulai Senin kemarin aparat kepolisian mulai memeriksa kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menuju Cikampek. Pos pemeriksaan dibangun di Gerbang Tol Cikarang Barat untuk mencegah arus kendaraan pemudik.

Kemacetan sempat terjadi di bekas Gerbang Tol Cikarang Utama hingga Gerbang Tol Cikarang Barat. Kendaraan mengular imbas dari pemeriksaan yang dilakukan petugas kepolisian.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengatakan kendaraan yang diizinkan untuk meninggalkan wilayah Jabodetabek adalah para pegawai yang masih bekerja dan kendaraan logistik.

(Baca: Penambahan Kasus Positif Corona di Jakarta Melambat Berkat Aturan PSBB)

“Kami lihat pagi ini sebagian besar adalah kendaraan-kendaraan karyawan, sehingga kami masih beri kelonggaran sedikit. Yang penting bukan mudik,” kata Sambodo di Gerbang Tol Cikarang Barat.

Bukan hanya kendaraan pribadi, bus juga turut diperiksa. Jika ada kendaraan pemudik, petugas akan meminta keluar di Gerbang Tol Cikarang Barat, putar balik untuk masuk tol lagi ke arah Jakarta.

Presiden Joko Widodo sebelumnya melarang mudik Lebaran 2020 di tengah pandemi virus corona. Larangan ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 itu. Keputusan tersebut diambil usai pemerintah melakukan sejumlah kajian dan pendalaman di lapangan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.