Perkembangan Kasus Covid-19 di Indonesia Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
Oleh Adi Maulana Ibrahim
14 November 2020, 07:00

Foto: Pesan Bahaya Covid-19 di Mural yang Indah

Penyebaran virus corona masih tinggi di Tanah Air walau dalam seminggu terakhir sedikit melandai. Upaya menekan Covid-19 terus dilakukan. Sejumlah pemerintah daerah belum mencabut pembatasan sosial. Menerapkan protokol kesehatan menjadi keharusan dalam beraktivitas sehari-hari.

Berbagai cara juga dilakukan sejumlah komunitas untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Satu di antaranya kampanye estetik dengan media mural. Komunitas ini muncul di berbagai daerah. Mereka menghiasi dinding-dinding dengan hal indah yang penuh pesan mengenai Covid-19.

Mural-mural tersebut bertemakan kedisiplinan dan sosialisasi 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta sering mencuci tangan. Ada pula pesan dampak Covid-19 dan ajakan untuk tetap berjuang bersama melawan pandemi corona ini

“Dengan mural ini, harapannya kita bisa mengajak masyarakat semakin sadar dan menerapkan protokol kesehatan, terutama menggunakan masker,” kata Suryono, salah satu warga di kawasan Cawang, Jakarta.

Beberapa waktu lalu Satgas penanganan Covid-19 menyatakan bahwa penularan virus corona bisa turun secara signifikan jika masyarakat memakai pelindung wajah. Risiko penularan kecil apabila pembawa virus berinteraksi dengan orang yang sehat dan sama-sama mengenakan masker.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan