Pembuatan Aquascape Mini Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
Oleh Adi Maulana Ibrahim
16 November 2020, 07:30

Foto: Aquaspace, Bisnis Menggiurkan dari Hobi di Saat Pandemi

Biasanya, aquascape lazim dijumpai di gedung perkantoran, hotel, mal, atau restoran besar. Banyak yang menyukai akuarium dengan ekosistem alami seperti ini lantaran indah dilihat dan menenangkan.

Namun belakangan aquascape mulai marak diletakkan dalam rumah. Permintaannya meningkat selama pandemi corona ketika orang harus lebih sering tinggal di rumah. “Tak ada yang menyangka kalau di masa seperti ini justru penggemar aquascape semakin banyak,” kata Iskandar (63), pemilik Minimizu Aquascape. Untuk beberapa orang seperti dia, tentu ini berkah di tengah kelesuan beberapa usaha.

Menurut Iskandar, hobi yang menjadi bisnis ini dimulai sejak awal pandemi Covid-19. Kini, pesanan aquascpe yang dia dan anaknya terima sekitar tiga buah dalam sehari dengan harga Rp 200 - 800 ribu, tergantung besar akuarium, tanaman yang dipakai, dan tingkat kesulitan saat menata.

Aquascape merupakan seni mendekorasi pemandangan dalam akuarium ikan. Uniknya, dalam aquascape ini tak hanya sekadar meletakkan tanaman-tanaman bawah air, batuan, atau kayu-kayuan. Di sini juga menuntut estetika seni, ketelatenan, dan kesabaran yang tinggi. Menurutnya, meskipun terlihat sederhana, kegiatan aquascaping ternyata diminati banyak orang.

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.