Pembongkaran Bangunan Liar di Kolong Jembatan Show
Adi Maulana Ibrahim |Katadata
Image title
Oleh Adi Maulana Ibrahim
31 Desember 2020, 07:00

Foto: Blusukan Pertama Menteri Sosial Tri Rismaharini

Di hari pertama menjadi Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyempatkan blusukan. Politisi PDI Perjuangan ini didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat dan Inspektur Jenderal Dadang Iskandar. Dia singgah di salah satu sudut aliran Sungai Ciliwung, di belakang kantornya di Jakarta Pusat.

Risma menemui pemulung di fly cver Pramuka. Dari berbincang-bincang, dia tahu hasil mereka memulung sekitar Rp 800 ribu per bulan. Risma pun menawarkan tempat hunian bagi para pemulung tersebut.

“Bapak ibu, saya carikan rumah, jadi enggak perlu ada biaya kontrak. Tetap cari sampah seperti ini. Nanti sampah dari Kemensos bisa untuk bapak,” kata Risma,

Rabu kemarin (29/12/2020) terlihat beberapa petugas Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) dari Kelurahan Pegangsaan. Mereka membongkar kurang lebih 12 bangunan liar semi permanen di area tersebut.

Namun, menurut para warga di sana, pemberian rumah dan relokasi ke rumah susun sederhana sewa atau rusunawa Cakung yang dijanjikan Risma belum jelas. Karena itu mereka terpaksa mengungsi ke kontrakan milik warga sekitar.