USA-BIDEN/INAUGURATION Show
ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner /WSJ/dj
Image title
21 Januari 2021, 12:40

Foto: Pelantikan Joe Biden dan Harris, Presiden - Wakil Presiden AS

Joe Biden dan Kamala Harris dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat, Rabu (20/1) waktu setempat di Gedung Capitol Hill. Biden, mantan Wakil Presiden AS era Barack Obama, disumpah sebagai Presiden AS ke-46 setelah mengalahkan petahana, Donald Trump, dalam pemilu November lalu.

"Saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, dan dengan kemampuan terbaik saya akan melestarikan, melindungi, dan membela konstitusi Amerika Serikat," kata Biden saat mengucap sumpahnya.

Biden menjadi kandidat pertama presiden AS dalam sejarah yang berhasil meraup lebih dari 80 juta suara popular dalam pemilu. Secara lebih rinci, dia meraih lebih dari 81,28 juta suara atau 51,3 persen.

Biden dan Harris tercatat memecahkan sejumlah rekor. Biden menjadi presiden tertua dalam sejarah AS. Semenatara Harris merupakan perempuan pertama, keturunan Afrika-Asia, dan imigran pertama yang menjadi wapres di Negeri Paman Sam ini.

Dalam pidatonya, Biden menyoroti sejumlah isu besar, mulai dari supremasi kulit putih, pandemi virus corona, hingga upaya memperbaiki hubungan dengan negara lain. Dalam kesempatan tersebut sejumlah mantan pejabat tinggi termasuk Barack dan Michelle Obama, Bill dan Hillary Clinton, serta George W Bush turut hadir.