Perayaan Imlek Saat Pandemi Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
Oleh Adi Maulana Ibrahim
13 Februari 2021, 12:20

Foto: Tahun Baru Imlek 2572 di Tengah Pandemi

Tahun Baru Imlek 2572

Dan situasi di 2021 ini sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi corona yang masih berbiak dengan pesat menyapu berbagai kemeriahan yang biasanya berjalan pada pergantian tahun baru tersebut. Walau demikian, satu-dua kegiatan masih bisa berlangsung di tempat-tempat peribadatan.

Sebagai upaya mencegah kerumunan, pengurus kelenteng mengurangi kapasitas dan pembatasan durasi bagi umat Tionghoa yang melakukan sembahyang. Protokol kesehatan ketat diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pertunjukan barongsai yang tak pernah terlewatkan pun kali ini terpaksa ditiadakan di kelenteng.

Tak hanya aktivitas ibadah yang terpengaruh, para penjual aksesoris khas imlek di kawasan Pecinan Glodok turut merasakan perubahan signifikan ini. Suasana pertokoan sepi dari pengunjung sehari menjelang Tahun Baru Imlek. Alhasil, omzet para pedagang turun dibandingkan tahun-tahun yang lalu.

Seperti yang disampaikan Bang DJ, panggilang akrab seorang pedagang di sana. “Saya sudah hampir 12 tahun perjualan pernak-pernik, dan tahun sekarang penghasilan menurun drastis hingga 80%,” katanya.

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.