KEBAKARAN KILANG PERTAMINA BALONGAN Show
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras.
Image title
Oleh Adi Maulana Ibrahim
29 Maret 2021, 13:35

Foto: Kilang Minyak Balongan Terbakar

Kilang Balongan milik PT Pertamina RU VI Balongan, di Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3) dini hari. Kobaran apinya terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

Peristiwa itu diduga terjadi pada pukul 00.45 WIB. Warga sekitar mengabarkan kejadian ini dengan menyebar video melalu media sosial. Nampak api besar menyembur dan melambung tinggi.

"Data sementara ada lima orang mengalami luka bakar berat," kata Plt Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Caya.

Menurut dia, total korban sampai saat ini 20 orang yang sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat. Dari jumlah tersebut, 15 luka ringan serta lima lainnya luka berat.

Sementara itu, dalam keterangan kepada pers, PT Pertamina menyebut sejumlah warga telah dievakuasi ke beberapa tempat. Mereka yang diungsikan berasal dari Desa Balongan, penduduk paling dekat dengan tempat kejadian. Diperkirakan sekitar 200-an orang diungsikan ke Pendopo Kabupaten Indramayu, sekitar 400 orang di Islamic Center Indramayu, dan 350 warga di GOR Perumahan Bumi Patra.