Lonjakan Pasien Covid-19 Di Jakarta Terus Bertambah, Wisma Atlet Tambah Kapasitas Tempat Tidur Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
16 Juni 2021, 12:30

Foto: Pasien Covid-19 Melonjak, RSDC Wisma Atlet Hampir Penuh

Dua pekan ini virus corona mengganas. Salah satunya lantaran penyebaran varian India atau B1617.2 makin meluas. Kasus harian di Tanah Air melonjak. Jumlah pasien Covid-19 aktif di sejumlah rumah sakit pun membeludak, termasuk di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 membuka Tower 8 Wisma Atlet Pademangan, untuk menampung pasien tersebut. Ketua Satgas Covid-19 Ganip Warsito mengatakan, Tower 8 Wisma Atlet sebelumnya ditempati tenaga kesehatan. Kini, kamar-kamar di tower tersebut dialihkan untuk pasien tanpa gejala dari DKI Jakarta dan sekitarnya.

Adapun para tenaga kesehatan yang merawat pasien dipindahkan ke hotel terdekat. Dengan langkah ini akan menambah 1.572 tempat tidur.

Kapasitas tempat tidur di RSDC Wisma Atlet juga ditambah, dari dua menjadi tiga ranjang per kamar. Total, kapasitasnya menjadi 7.394 tempat tidur. Sebelumnya, Wisma Atlet memiliki 5.994 tempat tidur untuk pasien. Dari jumlah itu, 4.836 tempat tidur atau 81 % telah terisi.

Ribuan pasien bergejala ringan hingga sedang dirawat di tower 4, 5, 6, dan 7. Sejak beroperasi pada 23 Maret, RSDC Wisma Atlet telah merawat 91.036 pasien Covid-19. Sebanyak 85.198 orang telah sembuh, 911 orang dirujuk ke rumah sakit lain, dan pasien yang meninggal 91 orang.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.