Menangkap Bayang Lasem dalam Kesunyian Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
22 Agustus 2021, 07:30

Foto: Saat Jelajah Jalan Raya Pos Menangkap Bayangan Lasem

Lasem memperlihatkan peradaban awal etnis Tionghoa di tanah Jawa. Banyak bangunan kuno berarsitektur Cina di sana. Sebagian telah direnovasi untuk melestarikan jejak awal mendaratnya orang Tionghoa di Karang Turi, Lasem, Jawa Tengah.

Tim Jelajah Jalan Raya Pos mengunjungi Lasem di hari keenam ekspedisi untuk napak tilas Jalur Daendels. Ada berragam bangunan, ornamen serta tulisan Cina, Jawa, dan Arab di tiap sudutnya. Pemandangan tersebut seakan menggambarkan akulturasi tiga kebudayaan yang sudah lama di Lasem.

Kini kota yang terkenal pula dengan Batik Lasem itu seolah dilupakan orang. Beruntungnya, beberapa tahun terakhir perhatian khalayak mulai tersedot kembali ke sana. Berbagai upaya dilakukan oleh para pecinta sejarah dan cagar budaya setempat untuk menghidupkan kota itu, terutama di kawasan pecinan yang dipenuhi berbagai bangunan kuno berusia ratusan tahun.

Selama berkunjung ke area yang diyakini dibangun sekitar 1800-an, yang terlihat hanya kesunyian dan sorot bayangan sinar matahari yang menabrak tembok.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.