Jakarta Peringkat Satu Tata Kota Terburuk di Dunia Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Image title
28 Agustus 2021, 07:00

Foto: Tata Kota Jakarta Disebut Terburuk, Ini Beberapa Sudut Ibu Kota

Situs arsitektur luar negeri, Rethinking The Future, menobatkan Jakarta di peringkat teratas sebagai wilayah dengan tata kota terburuk di dunia. Jakarta dinilai kota yang padat dengan tingkat pencemaran udara tinggi dan pencemaran air cukup parah. Selain Jakarta, Dubai dari Uni Emirat Arab, Brasilia dari Brasil, dan Atlanta dari Amerika Serikat masuk 10 kota terburuk.

Ruang terbuka hijau yang masih minim di Ibu Kota Indonesia pun menjadi sorotan dan penilaian. Hal ini makin terlihat kontras dari potret gedung-gedung pencakar langit di Jakarta yang dikelilingi rumah-rumah semi permanen. Tak sedikit di antara bangunan itu beratap seng dan terpal.

“Jakarta bisa dikatakan sebagai tempat dengan desain tata kota terburuk di dunia,” tulis Rethinking The Future dalam artikel “10 Examples of Bad Urban City Planning” yang tayang di web re-thinkingthefuture.com pekan lalu.

Atas penilaian Rethinking The Future, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyadari masih banyak persoalan perihal tata kota yang belum teratasi. Sebagai contoh yakni banjir dan kemacetan lalu lintas.

Dia menyatakan akan mempelajari lagi hal ini agar Jakarta dapat sejajar dengan ibu kota dunia lainnya. “Kita berbuat sebaik mungkin untuk membuat Jakarta kota yang bersih, rapi, indah, keren bisa sinergi, kolaborasi, yang ramah lingkungan,” kata Riza kepada sejumlah media awal pekan lalu.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.