Melestarikan Kain Sasirangan, Kain Sakral khas Suku Banjar Show
ANTARAFOTO/Bayu Pratama
Image title
Oleh Antara
5 November 2021, 06:30

Foto: Kain Sakral Sasirangan di Tangan UMKM Kinday Limpuar

Indonesia kaya akan seni dan budaya, seperti keragaman kain khas daerah yang dikenal luas sampai mancanegara. Kain Sasirangan khas suku Banjar, Kalimantan Selatan adalah salah satunya.

Sasirangan menggunakan kain jenis sutra, katun sutra, dan polissima yang diolah melalui proses pewarnaan dengan menggunakan bahan perintang seperti tali, benang, atau sejenisnya dengan corak tertentu. Corak didapat dari teknik jahitan dan ikatan yang ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain komposisi warna dan jenis benang atau pengikat dan pewarnaan. Bisa pula dengan pencelupan atau penyemprotan warna.

Pada mulanya, Sasirangan dikenal sebagai kain ‘batatamba’ untuk ritual pengobatan dan penyembuhan orang yang mengidap suatu penyakit. Sekarang, kain Sasirangan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Bahkan, kain sasirangan menjadi oleh-oleh saat berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Salah satu UMKM Sasirangan di Banjar adalah Kinday Limpuar Sasirangan milik Aya Sofia. Selain  memproduksi kain Sasirangan, UMKM ini ikut memberdayakan warga sekitarnya seperti memberikan materi pembuatan kain di Panti Sosial Bina Wanita Melati, Banjarbaru. Aya Sofia mengisi materi selama empat bulan dengan siswa 44 orang dari kota atau kabupaten di Kalimantan Selatan.

Kinday Limpuar Sasirangan merupakan mitra binaan Pertamina sejak 2018. Sejak bergabung dengan BUMN migas itu, banyak manfaat telah mereka terima, seperti bantuan pinjaman permodalan dengan bagi hasil, pendampingan, promosi online maupun offline, serta dilibatkan mengikuti pameran.

Sofia berharap bisnis yang digeluti bisa terus berkembang. Targetnya adalah agar Go Global dan mengenalkan kain Sasirangan ke kancah internasional. Sehingga dapat turut mengangkat budaya Indonesia lebih banyak dikenal bangsa lain.

Foto dan teks : Bayu Pratama

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.