Letusan Gunung Semeru Show
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.
Image title
6 Desember 2021, 13:20

Foto: Erupsi Gunung Semeru

Erupsi Gunung Semeru berdampak pada delapan kecamatan di sekitar perbukitan berapi tersebut. Sekitar 1.300 orang mengungsi, 14 orang meninggal, 56 orang luka berat, jembatan penghubung Lumajang - Malang, Jawa Timur terputus. Hingga hari ini, Senin, 6 Desember 2021, warga di sejumlah desa masih terisolasi.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana, pada Sabtu (4/12/2021), guguran awan panas Gunung Semeru mengarah ke Besuk Kobokan dan Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Warga panik, berlarian menyelamatkan diri. Wilayah yang paling parah yaitu Desa Sumber Sari dan Desa Sumber Urip.

Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya bertindakan cepat dalam menangani dampak erupsi Gunung Semeru. "Melakukan langkah tanggap darurat, mencari, dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban luka-luka, dan menangani dampak bencana," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dalam keterangan resminya.

Presiden juga memerintahkan agar pelayanan kesehatan, logistik kebutuhan dasar bagi pengungsi, dan perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Upaya evakuasi sempat terhambat asap tebal, aliran listrik putus, dan hujan deras selama erupsi yang mengakibatkan jalan berlumpur.

Informasi terkait penerbangan dari AirNav Indonesia menyebutkan, sampai Sabtu petang tidak ada dampak signifkan dari erupsi Gunung Semeru terhadap operasional pelayanan penerbangan. Hal ini berlaku di Cabang Surabaya, Denpasar, Semarang, Yogyakarta, maupun Solo. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang mengimbau masyarakat dan para penambang untuk tidak beraktivitas di sepanjang daerah aliran sungai Mujur dan Curah Kobokan.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.