Menghitung Hari Menuju Balapan Perdana MotoGP Show
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Image title
Oleh Antara
19 Maret 2022, 18:15

[Foto] Persiapan Menuju Ajang Perdana MotoGP

Penantian seperempat abad berbuah manis. Puluhan sepeda motor prototipe tercanggih di dunia akhirnya mengaspal di lintasan sirkuit di Indonesia: Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB. Disebut penantian panjang mengingat MotoGP terakhir dihelat di Indonesia pada 26-28 September 1997 di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor.

Di tengah musim penghujan, 24 pembalap elite dunia dari 12 tim balap MotoGP menjalani sesi tes pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari 2022. Para rider menjajal aspal sirkuit Pertamina Mandalika, tepat seminggu setelah mengikuti tes pramusim pertama di Sirkuit Sepang Malaysia.

Bagi pembalap dan timnya, sesi tes pramusim di Mandalika tentu sangatlah penting untuk mengambil data-data teknis seputar kondisi lintasan dan keseluruhan sirkuit. Rekam data teknis menjadi bekal tampil perdana dalam Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022, yang merupakan balapan seri kedua dalam kalender MotoGP 2022.

Tiga hari menjajal sirkuit Mandalika secara bergantian, sejumlah pembalap dunia mengaku kagum atas desain dan tata letak sirkuit sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan itu. Termasuk lokasinya yang menawan karena terletak di pinggir pantai. Tak heran, MotoGP pun menasbihkan Pertamina Mandalika International Street Circuit sebagai salah satu sirkuit terindah di dunia.

Meski dipuji atas keindahannya, sirkuit Mandalika juga tak lepas dari kritikan. Sejumlah pembalap mengeluhkan kondisi lintasan yang kotor di beberapa bagian. Kerikil lepas dari aspal dianggap membahayakan keselamatan pembalap. Pihak penyelenggara pun langsung menerjunkan tim untuk membersihkan permukaan aspal dengan peralatan khusus. Sekitar 17,5 persen lintasan di sirkuit pun diaspal ulang dan selesai 9 Maret 2022 lalu.

Meski Indonesia belum mampu mengirimkan wakil rider di MotoGP, menjadi tuan rumah balap kelas dunia tentu saja sudah membanggakan. Setelah sukses menggelar balapan WSBK 2021 pada 19-21 November 2021, Indonesia kini bersiap unjuk diri menggelar ajang prestisius MotoGP seri kedua 2022.

Foto dan Teks : Andika Wahyu

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.