Rupa dan Nakhoda Baru Katadata.co.id

Konten berkualitas yang bertumpu pada kekuatan data dan berbasiskan analisis (research base) akan selalu jadi acuan kami menghasilkan karya-karya terbaik.
Metta Dharmasaputra
3 Mei 2018, 20:44
No image
Tim Visual Katadata
Logo Katadata

Ulang tahun keenam Katadata, yang tepatnya jatuh pada 1 April 2018 lalu, merupakan momentum baru bagi kami untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Sebuah tahapan baru yang menuntut adanya perubahan, seiring dengan laju perkembangan media digital yang berlari sangat cepat.

Sebagai bagian dari evolusi itu, pada hari ini sejumlah perubahan dilakukan Katadata. Logo yang semula berhuruf kapital dengan perpaduan warna oranye dan abu-abu, berubah menjadi huruf kecil berwarna putih yang bersandar pada biru laut sebagai latarnya.

Warna putih menggambarkan kejernihan berpikir dan bertutur. Sedangkan biru laut menggambarkan kedalaman dan ketenangan. Sikap yang diharapkan tercermin pada laku kerja seluruh tim Katadata, maupun pada produk berita, data, dan riset yang dihasilkan: mendalam dan komprehensif, namun tetap jernih dan mudah dipahami.

Adapun penggunaan huruf kecil memiliki makna sikap rendah hati, sebuah sikap yang diperlukan untuk tetap memiliki pemikiran terbuka (open-minded), termasuk terhadap berbagai input dan kritik. Dengan warna korporat yang baru ini, diharapkan tampilan Katadata pun menjadi lebih moderen, kekinian dan dinamis.

Advertisement

Perubahan lainnya dilakukan pada perwajahan portal berita katadata.co.id. Meski masih versi beta atau uji coba, dengan wajah baru ini diharapkan portal katadata.co.id tampak lebih tertata dan sedap dipandang. Teks, data, dan visual tetap menjadi elemen penting, dengan infografik sebagai ciri khas Katadata selama ini tampil lebih menonjol.

Logo

 

Satu lagi perubahan penting yang dilakukan, yaitu pergantian Pemimpin Redaksi katadata.co.id dan dinside.id. Jabatan yang selama enam tahun terakhir ini saya pegang, kini dipercayakan kepada Yura Syahrul.

Sejak bergabung ke Katadata pada pertengahan 2015, Yura menjabat Redaktur Pelaksana (Managing Editor) di katadata.co.id. Belakangan ia juga ikut melahirkan dan memimpin dinside.id, portal konten premium berbayar kerja sama katadata.co.id dan hukumonline.com.

Sebagai wartawan ekonomi dan bisnis, Yura memiliki rekam jejak yang panjang. Saya pertama kali bekerja sama dengannya dalam tim kompartemen ekonomi dan bisnis Koran Tempo pada 2001, yang kemudian berlanjut di majalah Tempo. Setelah itu, ia bergabung ke koran ekonomi dan bisnis Kontan, hingga menduduki posisi Redaktur Pelaksana sebelum akhirnya bergabung ke katadata.co.id.

Dalam keseharian tugasnya, Yura akan dibantu oleh dua Redaktur Pelaksana, yaitu Muchamad Nafi untuk katadata.co.id dan Amal Ihsan untuk dinside.id.

Nafi memulai karier jurnalistiknya pada awal 2003 di Koran Tempo, lalu majalah Tempo, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Biro Tempo Jawa Tengah-Yogyakarta. Saya pernah bekerja bersama dengannya di kompartemen ekonomi-bisnis dan investigasi. Ia juga pernah menjabat sebagai Redaktur Pelaksana majalah Bloomberg Businessweek Indonesia sebelum bergabung penuh ke katadata.co.id.

 
Tim
Katadata | Donang Wahyu)

Sama halnya dengan Yura dan Nafi, Amal Ihsan memulai karier di Tempo sejak 2002. Namun, sejak 2006, ia bergabung ke harian Kontan hingga dipercaya sebagai editor halaman muka. Ia kemudian bergabung ke katadata.co.id pada pertengahan tahun lalu untuk ikut membangun dinside.id.

Di jajaran tim riset dan data, Padjar Iswara juga akan menggantikan Adek Media Roza. Mulai Juli mendatang, Adek akan bekerja jarak jauh sembari melanjutkan studi doktoralnya di bidang jurnalisme data di University of Technology Sydney (UTS), tempat yang sama ketika ia mengambil gelar Master.

Bagi Padjar, lahan riset bukanlah sesuatu yang asing. Pengalamannya yang panjang sebagai wartawan ekonomi selama lebih dari 20 tahun, mulai dari reporter di harian Neraca, Managing Editor kompartemen ekonomi-bisnis di Koran Tempo dan majalah Tempo, juga portal finansial Bareksa.com, sebelum akhirnya bergabung ke Katadata pada 2016 memberikannya modal yang lebih dari cukup.

Terakhir yang tak kalah penting, kami akan terus mengembangkan divisi visual dan multimedia yang amat dibutuhkan di era media digital. Divisi ini dipimpin oleh Lambok Hutabarat, desainer senior yang menjabat Direktur Desain di majalah National Geographic Indonesia sebelum bergabung ke Katadata pada 2017. 

Dengan adanya kepemimpinan baru ini, kami berharap berbagai produk yang dihasilkan dapat semakin memenuhi kebutuhan para pembaca, pelanggan dan mitra Katadata. Konten berkualitas (quality content) yang bertumpu pada kekuatan data (data driven) dan berbasiskan analisis (research base) akan selalu menjadi acuan kami dalam upaya menghasilkan karya-karya terbaik.

3 Mei 2018, Metta Dharmasaputra

Metta Dharmasaputra
Metta Dharmasaputra
Co-founder, CEO Katadata
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait