PSBB Berlaku, Ini Jadwal Baru Kereta Keluar dan Masuk Jakarta

Image title
10 April 2020, 08:21
Rangkaian Kereta Api (KA) melintas di Kota Madiun, Jawa Timur, Senin (6/4/2020). Sumber di PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menyebutkan PT KAI membatalkan 13 perjalanan KA berbagai jurusan yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun hingga 31 April, dimak
ANTARA FOTO/Siswowidodo/hp.
Rangkaian Kereta Api (KA) melintas di Kota Madiun, Jawa Timur, Senin (6/4/2020). Sumber di PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menyebutkan PT KAI membatalkan 13 perjalanan KA berbagai jurusan yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun hingga 31 April, dimaksudkan untuk mengurangi perpindahan orang dari satu tempat ke tempat lain dan menghindari kerumuman guna pencegahan penyebaran COVID-19.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 1 Jakarta mengurangi operasional kereta api (KA) keluar dan masuk wilayah Ibu Kotaa seiring pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus Corona. Pengurangan dilakukan mulai hari ini (10/4) sampai 23 April mendatang.

"Secara total terdapat 63 KA yang dikurangi perjalanannya untuk periode 10 s.d 23 April 2020. 35 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, 25 KA dari Stasiun Pasar Senen dan 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota,"kata Kahumas PT KAI DAOP 1 Jakarta Eva Chairunnisa dalam keterangan resminya, Jumat (10/4)

Selama rentang waktu tersebut KAI DAOP 1 hanya mengoperasikan 7 KA jarak jauh dengan pengurangan waktu operasional. 7 KA yang masih beroperasi adalah, 5 kereta keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Surabaya dan 2 kereta lainnya keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan tujuan akhir Purwokerto dan Surabaya.

Sementara untuk waktu keberangkatan dan kedatangan kereta di area DAOP 1 Jakarta hanya beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Pembatasan waktu operasional juga berlaku untuk layanan loket di Stasiun yang hanya dapat dilakukan hingga pukul 16.00 WIB.

(Baca:  PSBB Dimulai, Anies Baswedan Minta Warga Disiplin Tinggal di Rumah)

Selain karena PSBB, Eva menyatakan pengurangan jam operasional dilakukan lantaran volume penumpang menurun sampai 80%.

"Calon penumpang KA yang telah memiliki tiket dan terdampak pada pengurangan perjalanan KA juga telah diinformasikan oleh layanan pelanggan, biaya tiket yang telah dibayarkan akan dikembalikan penuh oleh KAI," kata Eva.

PT KAI pun mengimbau kepada masyarakat yang terpaksa harus menggunakan transportasi KA untuk melakukan perjalanan atau terpaksa menuju ke stasiun, agar menggunakan masker dan memperhatikan keselamatan sesuai standar pencegahan virus Corona.

(Baca: LPS Bantah Ada 8 Bank Gagal, Indikator Masih Normal)

Berikut adalah daftar 7 KA yang masih beroperasi dari DAOP 1 Jakarta selama PSBB berlangsung:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...