PSBB Berlaku, Ini Jadwal Baru Kereta Keluar dan Masuk Jakarta

PT KAI Daop 1 Jakarta hanya mengoperasikan 7 kereta jarak jauh selama masa PSBB.
Image title
10 April 2020, 08:21
Rangkaian Kereta Api (KA) melintas di Kota Madiun, Jawa Timur, Senin (6/4/2020). Sumber di PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menyebutkan PT KAI membatalkan 13 perjalanan KA berbagai jurusan yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun hingga 31 April, dimak
ANTARA FOTO/Siswowidodo/hp.
Rangkaian Kereta Api (KA) melintas di Kota Madiun, Jawa Timur, Senin (6/4/2020). Sumber di PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menyebutkan PT KAI membatalkan 13 perjalanan KA berbagai jurusan yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun hingga 31 April, dimaksudkan untuk mengurangi perpindahan orang dari satu tempat ke tempat lain dan menghindari kerumuman guna pencegahan penyebaran COVID-19.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 1 Jakarta mengurangi operasional kereta api (KA) keluar dan masuk wilayah Ibu Kotaa seiring pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus Corona. Pengurangan dilakukan mulai hari ini (10/4) sampai 23 April mendatang.

"Secara total terdapat 63 KA yang dikurangi perjalanannya untuk periode 10 s.d 23 April 2020. 35 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, 25 KA dari Stasiun Pasar Senen dan 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota,"kata Kahumas PT KAI DAOP 1 Jakarta Eva Chairunnisa dalam keterangan resminya, Jumat (10/4)

Selama rentang waktu tersebut KAI DAOP 1 hanya mengoperasikan 7 KA jarak jauh dengan pengurangan waktu operasional. 7 KA yang masih beroperasi adalah, 5 kereta keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Surabaya dan 2 kereta lainnya keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan tujuan akhir Purwokerto dan Surabaya.

Sementara untuk waktu keberangkatan dan kedatangan kereta di area DAOP 1 Jakarta hanya beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Pembatasan waktu operasional juga berlaku untuk layanan loket di Stasiun yang hanya dapat dilakukan hingga pukul 16.00 WIB.

(Baca:  PSBB Dimulai, Anies Baswedan Minta Warga Disiplin Tinggal di Rumah)

Selain karena PSBB, Eva menyatakan pengurangan jam operasional dilakukan lantaran volume penumpang menurun sampai 80%.

"Calon penumpang KA yang telah memiliki tiket dan terdampak pada pengurangan perjalanan KA juga telah diinformasikan oleh layanan pelanggan, biaya tiket yang telah dibayarkan akan dikembalikan penuh oleh KAI," kata Eva.

PT KAI pun mengimbau kepada masyarakat yang terpaksa harus menggunakan transportasi KA untuk melakukan perjalanan atau terpaksa menuju ke stasiun, agar menggunakan masker dan memperhatikan keselamatan sesuai standar pencegahan virus Corona.

(Baca: LPS Bantah Ada 8 Bank Gagal, Indikator Masih Normal)

Berikut adalah daftar 7 KA yang masih beroperasi dari DAOP 1 Jakarta selama PSBB berlangsung:

1. KA 44 Argo Parahyangan Excellence (Gambir - Bandung) keberangkatan 15.40 WIB

2. KA 7030A Argo Parahyangan (Gambir - Kiaracondong) keberangkatan 07.50 WIB.

3. KA 24 Argo Cheribon (Gambir - Cirebon) keberangkatan 12.20 WIB.

4. KA 34 Argo Cheribon (Gambir - Cirebon) keberangkatan 07.30 WIB.

5. KA 72 Bima (Gambir - Surabaya Gubeng) keberangkatan 16.40 WIB.

6. KA 256A Kertajaya (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi) keberangkatan 14.15 WIB.

7. KA 322 Serayu (Pasar Senen - Purwokerto via Kiaracondong) keberangkatan 09.15 WIB.

Kemarin (9/4), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) No 33 tahun 2020 tentang teknis pelaksanaan PSBB. Kebijakan ini dilakukan guna memangkas laju persebaran virus Corona di Jakarta. Karena ibu kota adalah episentrum utama penyebaran virus Corona dengan angka korban positif tertinggi di Indonesia, yakni sebanyak 1706 kasus dengan 82 orang sembuh dan 142 meninggal dunia.

"Di dalam Pergub ini seluruh masyarakat Jakarta selama 14 hari ke depan diharapkan untuk tinggal di rumah dan meniadakan kegiatan di luar," kata dia dalam keterangan pers.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait