Disebut Terkait Fluktuasi Harga Minyak Dunia, Apa itu WTI dan Brent?

Image title
21 April 2020, 11:39
Telaah - pasar saham turun karena minyak dan virus corona
123RF.com/Daniil Peshkov

Pertama kali dalam sejarah harga minyak mentah berjangka Amerika Serikat (AS) atau WTI untuk kontrak Mei anjlok di bawah US$ 0 per barel pada penutupan perdagangan Senin (20/4). Melansir Reuters, harga minyak menutup perdagangan dengan minus US$ 37,63 per barel. Hal ini karena rendahnya permintaan dan pasokan yang menumpuk akibat pandemi virus corona.

Dalam berita Reuters juga disebut anjloknya harga minyak karena pedagang putus asa dan sampai membayar pembeli demi mengurangi pasokan minyak yang tak mampu ditampung lagi. Permintaan minyak mentah dunia memang turun 30% karena pembatasan pergerakan manusia guna mengurangi dampak sebaran virus covid-19.  

Tak cuma WTI, harga minyak mentah Brent juga mengalami penurunan dari US$ 2,51 per barel menjadi US$ 25,57 per barel atau turun 9%.

Penurunan signifikan harga minyak mentah dunia ini tetap terjadi setelah OPEC dan Rusia berusaha menekan produksi hingga 9,7 juta barel per hari. Keputusan ini akan berlangsung pada Mei mendatang.

Mesekipun begitu, harga minyak mentah per Selasa (21/4) pukul 09.15 WIB mulai beranjak naik. Melansir Bloomberg, WTI untuk kontrak Mei naik 103% menjadi US$ 1,46 per barel. Sementara harga minyak Brent untuk kontrak Juni naik tipis 0,23% ke level US$ 25,63 per barel.

Bagi yang terbiasa mengikuti perdagangan minyak dunia, tentu tak asing dengan penyebutan WTI dan Brent. Keduanya adalah instrument dalam perdagangan minyak dunia. Namun bagi yang tak terbiasa akan terasa asing dengan WTI dan Brent.

(Baca: Pertama Kali dalam Sejarah Harga Minyak Anjlok di Bawah US$ 0)

Mengenal WTI dan Brent

WTI adalah kependekan dari West Texas Intermediate. Melansir Investopedia WTI digunakan sebagai standar perdagangan minyak di AS. Sumber minyak WTI berasal dari ladang minyak utama AS di wilayah Texas, Louisiana dan Dakota Utara. Pasar utama WTI di negara-negara benua Amerika.

Sementara Brent atau Brent Crude digunakan sebagai tolok ukur harga minyak dunia karena tempat penyimpanan dan pasarnya yang luas di seluruh dunia. Brent dihasilkan dari kilang minyak di wilayah Laut Utara Eropa, di antara Pulau Shetland dan Norwegia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...