Sudah 162 Ribu PMI Pulang Imbas Covid-19, BP2MI Ungkap Travel Gelap

Fahmi Ahmad Burhan
28 Juni 2020, 12:15
Ilustrasi pemulangan pekerja migran Indonesia. BP2MI sudah pulangkan 162 ribu PMI.
ANTARA FOTOFoto/Agus Setiawan/aww.
Ilustrasi pemulangan pekerja migran Indonesia. BP2MI sudah pulangkan 162 ribu PMI.

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyatakan selama pandemi covid-19 sudah mengurusi kepulangan sampai 162 ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI). Badan ini juga menemukan travel gelap yang mengambil keuntungan dari kepulangan PMI ke Tanah Air.

"Saya pernah lapor ke Pak Moeldoko (Kepala Kantor Staf Kepresidenan), bahwa ada travel gelap masuk ke wilayah Wisma Atlet," kata Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam video conference pada Minggu (28/6). Wisma Atlet merupakan tempat karantina pasca pemulangan dari negara asal migran sebelum pulang ke kampung halaman.

Benny mengatakan, modus travel gelap ini adalah dengan mengiming-imingi pemulangan PMI ke kampung halaman. Namun, di tengah jalan para PMI dipaksa membayar dengan harga yang di luar batas wajar. 

"Kelompok ini ingin memanfaatkan kepulangan PMI sebagai bisnis kotor. Mereka arahkan agar PMI gunakan jasa travel tertentu. Kami sudah mengimbau agar PMI hati-hati dan tidak gunakan jasa travel tertentu," kata Benny.

(Baca: Menperin Sebut Defisit Tenaga Kerja Pada 2024 Capai 2,5 Juta Orang)

Benny menyatakan juga menerima laporan satu kasus pemaksaan penukaran uang dolar yang dimiliki PMI ke rupiah di tengah perjalanan pulang menggunakan jasa travel gelap ini.  Hal ini cukup disayangkan mengingat, kata dia,  pemerintah memfasilitasi kepulangan PMI sampai ke kampung halamannya setelah menjalani masa karantina secara gratis.

Benny mengaku sudah berkoordinasi dengan Kantor Staf Kepresidenan dan Pangdam Jayakarta untuk mempersempit ruang gerak dari travel gelap itu. "Kami tidak memberi ruang," kata dia. 

Sejauh ini Benny mengatakan pemulangan PMI dilakukan melalui koordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Direktorat Jenderal Imigrasi. Meski begitu, ke depan menurutnya akan ada tambahan lagi sebanyak 50.114 PMI yang pulang ke Tanah Air.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...