Subsidi Listrik Corona Sampai September, Ini Cara Dapat Token Gratis

Pemerintah memperpanjang subsidi listrik pelanggan 450 VA dan 900 VA sampai Semptember 2020.
Image title
2 Juli 2020, 11:48
Ilustrasi meteran listrik. Pemerintah memperpanjang subsidi listrik pelanggan 450 VA dan 900 VA sampai Semptember 2020.
ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.
Ilustrasi meteran listrik. Pemerintah memperpanjang subsidi listrik pelanggan 450 VA dan 900 VA sampai Semptember 2020.

Masyarakat bisa mengakses token listrik gratis per kemarin (1/6). Hal ini sehubungan dengan perpanjangan diskon tarif listrik oleh pemerintah sampai Semptember 2020 untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA. Diskon ini termasuk ke dalam stimulus pandemi virus corona.

Bagi pelanggan 450 VA dapat menerima token listrik gratis. Sementara pelanggan 900 VA dapat menerima token diskon tagihan listrik 50%. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menyatakan ada lima cara untuk dapat mengakses token listrik gratis, yakni melalui situs resmi PLN, WhatsApp, bantuan perangkat daerah, menghubungi call center PLN, dan datang langsung ke unit layanan.   

(Baca: PLN: Penerima Subsidi Bisa Akses Token Gratis Lewat Berbagai Cara

Bob menyatakan, dua cara terakhir bisa dilakukan oleh masyarakat penerima subsidi listrik yang tak bisa mengakses situs resmi PLN dan WhatsApp. Menurutnya, PLN telah bekerja sama dengan pejabat daerah untuk memfasilitasi pelanggan yang tak mendapat akses internet.

Advertisement

“Para pelanggan tinggal mendatangi aparat desa terdekat dan aparat desa akan log in ke situs PLN,”kata Bob, Rabu (1/7).

Untuk yang menghubungi call center, pelanggan bisa menyampaikan data yang diperlukan seperti nomor meteran listrik. Petugas pun akan melayani pelanggan yang datang langsung ke unit layanan untuk mendapatkan token gratis. “Jadi pelanggan bisa datang langsung ke unit layanan,” katanya.

(Baca: Kementerian ESDM Jamin Listrik Tak Naik Hingga Akhir Tahun Ini)

PLN pun memastikan pemberian token listrik gratis/diskon akan tepat sasaran dan tak akan mengalami kendala waktu serta teknis pelaksanaan. Hal ini karena data pelanggan telah masuk ke dalam sistem penagihan. “Kami pastikan tepat waktu dan tepat sasaran sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dan Kementerian Sosial,” kata Bob.

Bagi yang ingin mengklaim melalui situs resmi dan WhatsApp, caranya sebagai berikut:

Situs Resmi

  1. Buka situs resmi PLN di PLN.co.id.
  2. Klik stimulus covid-19.
  3. Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom pencarian.
  4. Masukkan kode captcha lalu klik cari.
  5. Token listrik gratis atau diskon 50% akan tampil pada kolom keterangan.
  6. Token listrik gratis atau diskon 50% berhasil didapatkan dan bisa digunakan.

(Baca: PLN Sebut Pemberian Token Gratis Bulan Ini Bisa Lebih Cepat)

WhatsApp

  1. Kirim pesan Whatsapp ke nomor 08122-123-123.
  2. Balas pesan otomatis yang Anda terima dengan angka 1 untuk mendapat info lebih lanjut tentang listrik gratis atau diskon listrik stimulus covid-19. Format pesan yang akan Anda terima adalah sebagai berikut:

Halo Electrizen

Ketik 1 untuk info listrik gratis/diskon stimulus covid-19

Ketik 2 untuk baca meter mandiri pemakaian listrik (pascabayar).

Kirimkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik setelah mendapatkan balasan pesan otomatis selanjutnya. Format pesan otomatis yang akan Anda terima adalah seperti berikut:

Halo electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA subsidi (sesuai data terpadu kesjahteraan sosial) dan pelanggan bisnis dan industri 450 VA.

Silakan masukkan ID pelanggan/nomor meter Anda ya?

Setelah itu sebuah pesan otomatis berisi token gratis/diskon listrik akan Anda terima dan siap digunakan.

Meskipun begitu, pelanggan 900 VA tak seluruhnya berhak mendapat diskon listrik. Hal ini karena ada pelanggan daya ini yang bersubsidi dan non-subsidi. Untuk membedakannya, bisa dengan memeriksa struk pembayaran pada bulan sebelumnya. Jika pada struk tersebut tertera R1 maka berhak mendapat diskon, tapi tidak yang tertera R1M.

(Baca: Akibat Corona, PLN Pangkas Belanja Modal 2020 Hingga Hampir Separuh

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait