Kekecewaan Bill Gates ke Media Sosial & Upayanya Temukan Vaksin Corona

Image title
7 Juli 2020, 12:25
Ilustrasi. Bill Gates menyebut perusahaan media sosial berkontribusi menyebarkan ide-ide gila terkait corona. Salah satunya konspirasi terkait vaksin.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Bill Gates menyebut perusahaan media sosial berkontribusi menyebarkan ide-ide gila terkait corona. Salah satunya konspirasi terkait vaksin.

Pendiri Microsoft Bill Gates menyalahkan perusahaan media sosial atas konspirasi terkait dirinya selama pandemi virus corona. Menurutnya hal itu membuat upaya penanggulangan penularan flu jenis baru terkendala dan menyebabkan kasus positif di Amerika Serikat (AS) tinggi.

Perusahaan media sosial yang disebut Bill adalah seperti Facebook dan Twitter. Dalam sebuah wawancara dengan majalah bisnis Fast Company Sabtu (4/7) lalu, ia menyatakan, “sayangnya, alat-alat digital itu menjadi jejaring kontibutor untuk menyebarkan sesuatu yang menurut saya adalah ide-ide gila.”

Bill menyebut konspirasi yang menyasar dirinya “sedikit mengerikan.” Terlebih konspirasi terkait vaksin yang dikaitkan dengan upayanya melakukan depopulasi. Hal ini menurutnya berpeluang menggagalkan upaya menghentikan penularan virus corona, karena akan berpengaruh pada tingkat penggunaan vaksin.

“Anda sedang diarahkan ke disinformasi macam ini,” kata Bill.

(Baca: Garap Peluang di Tengah Corona, Sociolla Dapat Pendanaan Rp 828 M)

Selain teori-teori konspirari terkait dirinya, Bill menyebut ide gila yang berkembang di media sosial adalah anjuran untuk tak memakai masker sebagai wujud kebebasan. Padahal, menurutnya memakai masker adalah salah satu cara menghindari penularan corona yang murah.

Bill menyoroti kepatuhan warga AS yang menurut catatannya lebih rendah dari negara lain. Fakta ini menurutnya cukup disayangkan mengingat kemudahan menemukan masker di negara Paman sam dan untuk menggunakannya tak susah.

Bill pun mempertanyakan, “dapatkah perusahaan media sosial lebih membantu terkait isu corona? Kreativitas apa yang kita miliki?”

(Baca: Bill Gates Prediksi Vaksin Corona Baru Tersedia Tahun Depan)

Raksasa media sosial Facebook pun telah menanggapi kemarahan Bill. Juru Bicara perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg ini menyatakan telah melakukan sejumlah inisiatif untuk membantu menangani krisis global corona.

Melansir Fox News, Juru Bicara Facebook menyatakan, “sejak Januari kami telah bekerja secara erat dengan organisasi kesehatan seperti CDC, untuk menghubungkan orang-orang kepada informasi akurat terkait covid-19 dan kami akan terus melakukannya lebi banyak.”

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...