Gelombang V Akan Buka, Ini Cara Daftar & Buat Rekening Prakerja

Image title
13 Agustus 2020, 17:30
Ilustrasi. Pemerintah akan membuka pendaftaran gelombang V kartu prakerja pada Sabtu (15/8) nanti. Kuota yang disediakan 800 ribu peserta.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Ilustrasi. Pemerintah akan membuka pendaftaran gelombang V kartu prakerja pada Sabtu (15/8) nanti. Kuota yang disediakan 800 ribu peserta.

Pemerintah berencana membuka pendaftaran kartu prakerja pada Sabtu (15/8) nanti pada pukul 12.00 WIB. Hal ini disampaikan Head of Communications Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu dalam keterangan persnya yang diterima Katadata.co.id, Rabu (12/8).

Louisa menyatakan, kuota yang tersedia untuk gelombang V adalah 800.000 orang peserta. Seluruhnya diperuntukkan untuk mereka yang telah termasuk ke dalam daftar prioritas dari Kemeneterian Ketenegakajerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan. Kuota ini sama dengan gelombang IV.

Pembukaan pendaftaran ini, menyusul telah ditutupnya masa pendaftaran gelombang IV kemarin, Rabu (12/8). Menurutnya, tercatat lebih 1,2 juta pendaftar dari seluruh provinsi di gelombang itu. Angka ini termasuk para pekerja terdampak pandemi virus corona yang datanya telah terverifikasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Data Kementerian Ketengakakerjaan tentang pekerja terdampak pandemi corona, bisa disimak dalam Databoks di bawah ini:

Pengumuman bagi mereka yang lolos seleksi kartu prakerja gelombang IV, kata Louisa, akan diumumkan pada Minggu (16/8) nanti. Pengumuman dilakukan melalui pesan singkat atau SMS langsung kepada mereka yang lolos.

“Mereka yang belum menjadi penerima kartu prakerja dapat mendaftar pada gelombang V,” kata Louisa.

Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, Mohammad Rudy Salahudin menargetkan pada akhir Oktober telah ada 5,6 juta peserta kartu prakerja. Untuk mencapainya, manajemen pelaksana menetakpan kuota 800 ribu orang diterima setiap gelombangnya.

Program kartu prakerja sempat menuai polemik di publik lantaran dianggap tak tepat sasaran dan masih banyak masalah dalam pengelolaannya. Terkait ini, pemerintah telah memperbaiki tata kelolanya melalui Peraturan Menteri Koordinator Bidang perekonomian Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menyatakan, perbaikan tata kelola dalam Permenko 11/2020 bersifat progresif ke depan. Perbaikan ini pun telah diterapkan dalam pendaftaran gelombang IV lalu.

Perbaikan tersebut antara lain mekanisme pemberian dana bantuan terhadap penerima manfaat kartu prakerja dan penetapan mitra digital. Dana bantuan akan dikirim langsung ke akun rekening virtual penerima. Jika dalam 30 hari tak digunakan, kepesertaan akan dicabut dan dana dikembalikan ke kas negara.

Sementara, penetapan mitra digital kartu prakerja berdasarkan prinsip transparan, akuntabel, adil, terbuka, bersaing, efektif, dan efisien. Saat pembukaan pendaftaran gelombang IV pada 8 Agustus, manajemen pelaksana menerima usulan kemitraan dari beberapa platform digital dan mitra pembayaran.

“Mitra digital platform dan lembaga pelatihan agar menyesuaikan juga dengan aturan yang ada,” kata Denni, Jumat (7/8) lalu.

Cara Daftar Kartu Prakerja  

Untuk dapat mendaftar kartu prakerja gelombang V, calon peserta harus masuk ke situs www.prakerja.go.id. Lalu bisa melakukan dua langkah pendaftaran, yakni membuat akun dan log in pendaftaran.

Cara membuat akun adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke situs pendaftaran di prakerja.go.id.
  • Klik menu “Daftar Sekarang” di halaman muka.
  • Masukkan nama lengkap, e-mail aktif, dan kata sandi.
  • Klik ikon “Daftar”.
  • Cek e-mail dari panitia prakerja dan konfirmasi akun.

Sementara cara log in sebagai berikut:

  • Klik menu “Masuk” untuk menuju beranda Prakerja.
  • Log in dengan e-mail dan kata sandi yang terdaftar.
  • Isi formulir pendaftaran.
  • Masukkan nomor telepon aktif dan kode OTP yang diterima melalui SMS.
  • Lakukan tes motivasi dan kemampuan dasar.
  • Tunggu e-mail pemberitahuan dari manajemen kartu prakerja setelah menyelesaikan tes.
  • Kembali ke situs dan bergabungke gelombang pendaftaran.

Cara Membuat Rekening Prakerja

Mengingat dalam aturan pengelolaan baru insentif dikirim ke akun rekening virtual peserta yang lolos, maka perlu untuk memiliki akun bank atau dompet digital yang tersambung dengan program kartu prakerja. Caranya sebagai berikut:

  • Pilih “Sambung Sekarang” pada beranda utama.
  • Pilih rekening yang akan disambungkan.
  • Jika memilih BNI, isi informasi tambahan dengan benar lalu pilih “Sambungkan.”
  • Jika pilih dompet digital (E-Wallet), cek nomor ponsel dan pilih “Aktifkan LinkAja”.
  • Untuk pemilih BNI, cek informasi rekening dan pilih “Konfirmasi”.
  • Untuk pemilih dompet digital, masukkan kode OTP yang diterima melalui SMS.
  • Untuk pemilih dompet digital, masukkan kode keamanan.

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait