Pertamina Tunda Kembangkan Lapangan Minyak di Blok East Natuna

Image title
22 Agustus 2020, 18:35
Ilustrasi. Pertamina tak menjadikan pengembangan kawasan lapangan minyak Blok East Natuna dalam waktu dekat.
Katadata
Ilustrasi. Pertamina tak menjadikan pengembangan kawasan lapangan minyak Blok East Natuna dalam waktu dekat.

Pertamina belum mengembangkan lapangan minyak di Blok East Natuna dalam waktu dekat ini. Padahal, di awal tahun perusahaan pelat merah ini berencana akan melakukan studi untuk mengetahui potensi cadangan minyak di kawasan itu.

Direktur Pengembangan & Produksi PT Pertamina Hulu Energi Subholding Upstream Taufik Aditiyawarman mengatakan belum ada rencana dari perusahaaan untuk memulai pengembangan di blok tersebut. "Sepengetahuan saya belum ada rencana untuk Natuna Blok D Alpha," ujar Taufik kepada Katadata.co.id, Sabtu (22/8).

Advertisement

Meski demikian, ia tak mengungkap secara rinci alasan perusahaan tak menjadikan Blok East Natuna sebagai prioritas saat ini. Pertamina awalnya beralasan pengembangan lapangan minyak dilakukan terlebih dahulu lantaran pemisahan kandungan karbondioksida (CO2) di dalam gas Blok East Natuna cukup tinggi yakni mencapai 72%.

Secara terpisah, VP Relations Pertamina Hulu Energi (PHE), Ifki Sukarya menyebut bahwa pihaknya saat ini juga masih tetap memonitor perkembangan dan kondisi di wilayah Natuna. Meski begitu, ia juga tak menjelaskan secara detail rencana yang akan dikerjakan perusahaan di masa yang akan datang.

"Sampai saat ini Pertamina masih memonitor perkembangan kondisi di Natuna, dan berdiskusi dengan Pemerintah, termasuk untuk persiapan-persiapan eksplorasi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement