Dana Pinjaman Pemulihan Ekonomi ke Daerah Akan Diawasi Ketat

Image title
22 Agustus 2020, 19:15
Pemerintah akan mengawasi secara ketat pemberian pinjaman dana PEN ke daerah. Ekonom pun menilainya penting untuk memulihkan ekonomi di daerah.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Pemerintah akan mengawasi secara ketat pemberian pinjaman dana PEN ke daerah. Ekonom pun menilainya penting untuk memulihkan ekonomi di daerah.

Pemerintah bakal memberikan program pinjaman kepada pemerintah daerah (Pemda) sebagai bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah pusat guna memmbantu perekonomian daerah yang terimbas pandemi Covid-19.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto dan Dirjen Anggaran Askolani optmistis pinjaman ini dapat berdampak besar pada perekonomian di daerah. Melalui program ini ia berharap dapat membantu mengimplementasikan beberapa proyek yang tertunda akibat pandemi corona.

Advertisement

Lebih lanjut, Askolani menyatakan pemerintah melakukan pengawasan ketat agar realisasi program ini berjalan dengan lancar dan tidak terjadi penyelewengan. 

"Tentunya sudah ada aparat pengawas di masing-masing tingkatan. Inspektorat di pemda. Pemerintah melibatkan BPKP juga untuk pendampingan, serta melibatkan aparat penegak hukum dalam implementasi program PEN," kata dia kepada Katadata.co.id, Sabtu (22/8).

Sementara, dikonfirmasi secara terpisah Peneliti Ekonomi dari Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Yusuf Rendy Manilet menjelaskan dalam indikator Indeks Kapasitas Fiskal Daerah (IKF), sekitar 50% dari 508 total daerah Kabupaten/Kota di Indonesia memiliki IKF dengan kategori rendah dan sangat rendah.

Artinya dalam kondisi normal saja, sebagian daerah Kabupaten atau Kota sangat bergantung akan transfer fiskal dari pemerintah pusat. Sehingga pinjaman PEN bagi Daerah merupakan sesuatu yang memang diperlukan di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi.

"Dampaknya sebenarnya akan bergantung pada kapasitas pemda dalam mengelola pinjaman ini. Apakah ada prosedural yang jelas dana ini akan diarahkan kemana. Kalau ada saya kira memang akan berdampak positif," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement