Rupa dan Nakhoda Baru Katadata.co.id

Metta Dharmasaputra
3 Mei 2018, 20:44
No image
Tim Visual Katadata
Logo Katadata

Ulang tahun keenam Katadata, yang tepatnya jatuh pada 1 April 2018 lalu, merupakan momentum baru bagi kami untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Sebuah tahapan baru yang menuntut adanya perubahan, seiring dengan laju perkembangan media digital yang berlari sangat cepat.

Sebagai bagian dari evolusi itu, pada hari ini sejumlah perubahan dilakukan Katadata. Logo yang semula berhuruf kapital dengan perpaduan warna oranye dan abu-abu, berubah menjadi huruf kecil berwarna putih yang bersandar pada biru laut sebagai latarnya.

Warna putih menggambarkan kejernihan berpikir dan bertutur. Sedangkan biru laut menggambarkan kedalaman dan ketenangan. Sikap yang diharapkan tercermin pada laku kerja seluruh tim Katadata, maupun pada produk berita, data, dan riset yang dihasilkan: mendalam dan komprehensif, namun tetap jernih dan mudah dipahami.

Adapun penggunaan huruf kecil memiliki makna sikap rendah hati, sebuah sikap yang diperlukan untuk tetap memiliki pemikiran terbuka (open-minded), termasuk terhadap berbagai input dan kritik. Dengan warna korporat yang baru ini, diharapkan tampilan Katadata pun menjadi lebih moderen, kekinian dan dinamis.

Perubahan lainnya dilakukan pada perwajahan portal berita katadata.co.id. Meski masih versi beta atau uji coba, dengan wajah baru ini diharapkan portal katadata.co.id tampak lebih tertata dan sedap dipandang. Teks, data, dan visual tetap menjadi elemen penting, dengan infografik sebagai ciri khas Katadata selama ini tampil lebih menonjol.

Logo

Satu lagi perubahan penting yang dilakukan, yaitu pergantian Pemimpin Redaksi katadata.co.id dan dinside.id. Jabatan yang selama enam tahun terakhir ini saya pegang, kini dipercayakan kepada Yura Syahrul.

Sejak bergabung ke Katadata pada pertengahan 2015, Yura menjabat Redaktur Pelaksana (Managing Editor) di katadata.co.id. Belakangan ia juga ikut melahirkan dan memimpin dinside.id, portal konten premium berbayar kerja sama katadata.co.id dan hukumonline.com.

Sebagai wartawan ekonomi dan bisnis, Yura memiliki rekam jejak yang panjang. Saya pertama kali bekerja sama dengannya dalam tim kompartemen ekonomi dan bisnis Koran Tempo pada 2001, yang kemudian berlanjut di majalah Tempo. Setelah itu, ia bergabung ke koran ekonomi dan bisnis Kontan, hingga menduduki posisi Redaktur Pelaksana sebelum akhirnya bergabung ke katadata.co.id.

Halaman:
Metta Dharmasaputra
Metta Dharmasaputra
Co-founder, CEO Katadata

Catatan Redaksi:
Katadata.co.id menerima tulisan opini dari akademisi, pekerja profesional, pengamat, ahli/pakar, tokoh masyarakat, dan pekerja pemerintah. Kriteria tulisan adalah maksimum 1.000 kata dan tidak sedang dikirim atau sudah tayang di media lain. Kirim tulisan ke [email protected] disertai dengan CV ringkas dan foto diri.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...