Memaksimalkan Big Data untuk Menunjang Strategi E-commerce

Indah Mustikasari
Oleh Indah Mustikasari
4 November 2018, 07:00
Indah Mustikasari
Ilustrator: Betaria Sarulina | Katadata

Konsep big data semakin santer digaungkan seiring dengan perkembangan teknologi. Kini data tak lagi eksklusif milik kalangan eksakta, tapi juga mulai dipelajari oleh lingkungan yang lebih luas.

Seiring tumbuhnya ekosistem bisnis berbasis online seperti e-commerce, pengolahan big data layak menjadi salah satu sorotan utama untuk menganalisis kebutuhan dan keputusan yang tepat. Pengolahan data yang tepat akan memberikan akurasi yang tinggi untuk memprediksi tren pasar. Selanjutnya, bagaimana cara mencari peluang untuk mengembangkan bisnis.

Di dunia e-commerce, big data memegang peran penting untuk menganalisis konsumen, operasional, potensi pasar, hingga inovasi produk. Analisis data ini memberikan framework secara keseluruhan mengenai profil konsumen dan potensi yang dapat digali sebagai strategi pengembangan bisnis.

Salah satu implementasinya, data konsumen dikumpulkan dari interaksi mereka di dalam website e-commerce yang kemudian dianalisis untuk memaksimalkan strategi konversi penjualan.

(Baca juga: Tokopedia dan Bukalapak Dominasi Pasar E-Commerce Indonesia)

Tidak hanya strategi yang semakin inovatif, investasi dalam pengolahan data ini juga menjanjikan efisiensi, meningkatkan profit, dan juga loyalitas konsumen. Berikut beberapa analisis data yang dapat menunjang strategi e-commerce:

Meningkatkan Pengalaman Belanja Konsumen

Salah satu hal krusial untuk meningkatkan loyalitas konsumen adalah dengan memberikan pengalaman belanja yang memuaskan.

Contohnya, saat konsumen mengunjungi sebuah website, mereka tidak hanya berniat untuk langsung berbelanja, tapi juga mencari-cari insight produk apa yang kira-kira mereka butuhkan. Dengan data, pelaku e-commerce dapat memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan minat konsumen berdasarkan histori pencariannya.

Tidak hanya itu, analisis data juga berguna untuk mengevaluasi alur belanja konsumen dari mereka datang hingga keluar dari website. Contohnya adalah mengeavaluasi testing yang dilakukan untuk mengetahui mana fitur yang paling nyaman digunakan oleh konsumen. Misal interaksi filter yang seperti apa yang paling digunakan, apakah navigasi halaman sudah cukup jelas bagi mereka, dan sebagainya.

Kepuasan pengalaman belanja konsumen tentu sangat berpengaruh bagi keputusan mereka untuk kembali ke e-commerce tersebut atau tidak.

Personalisasi Belanja Berdasarkan Minat Konsumen

Sejalan dengan meningkatkan pengalaman belanja, data yang terkumpul di dalam platform e-commerce juga bisa memberikan strategi promosi yang lebih baik dengan melakukan personalisasi belanja.

Misal data histori konsumen yang sudah terdaftar dianalisis kategori produk apa yang paling diminati. Ketika ada promosi belanja online seperti 11/11 atau Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), pelaku e-commerce bisa melakukan personalisasi untuk hanya memberikan diskon-diskon yang relevan bagi konsumen terdaftar.

(Baca juga: Shopee dan Lazada Gencar Gelar Pesta Diskon Jelang Akhir Tahun)

Channel yang paling umum untuk mendistribusikan personalisasi diskon/promosi ini adalah melalui EDM, sosial media, dan notifikasi mobile app. Dengan memberikan promosi yang relevan kepada target sasaran yang tepat tentu menjadi strategi yang paling efektif untuk memaksimalkan konversi pembelian.

Meningkatkan Inovasi E-commerce

Inovasi merupakan harga mati di dalam bisnis untuk tetap fleksibel terhadap perubahan tren. Inovasi juga bertindak untuk meramalkan kondisi pasar ke depannya dan menjaga konsumen agar tetap loyal.

Halaman:
Indah Mustikasari
Indah Mustikasari
Senior Content Marketer
Editor: Yuliawati

Catatan Redaksi:
Katadata.co.id menerima tulisan opini dari akademisi, pekerja profesional, pengamat, ahli/pakar, tokoh masyarakat, dan pekerja pemerintah. Kriteria tulisan adalah maksimum 1.000 kata dan tidak sedang dikirim atau sudah tayang di media lain. Kirim tulisan ke [email protected] disertai dengan CV ringkas dan foto diri.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...