Mencari The Smart & Wise Fintech

Ade Febransyah
Oleh Ade Febransyah
6 Mei 2019, 05:00
Ade Febransyah
Ilustrator: Betaria Sarulina

Banyak yang masuk, banyak pula yang keluar!  Itulah aturan besi dalam industri. Di industri pembiayaan tidak terkecuali dengan pendatang baru yakni financial technology (fintech). Salah satu fintech yang bertumbuh pesat adalah peer to peer lending (P2PL). Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), selama tahun 2018, pinjaman yang tersalurkan fintech lending ini mencapai  Rp 22,67 triliun; terjadi pertumbuhan fantastis 785% dari Rp 2,56 triliun di tahun 2017.

Pertumbuhan fantastis juga terjadi  dari jumlah peminjam. OJK mencatat, terjadi lonjakan luar biasa sekitar hampir 600% untuk jumlah peminjam, dari 330.154 peminjam di Januari 2018 menjadi 2,3 juta peminjam di September tahun yang sama. Sementara untuk penyandang dana, terjadi kenaikan hanya 39% dari 115.939 menjadi 161.297 selama periode Januari-September 2018 (Katadata.co.id, 12/12/18). Sementara itu, jumlah fintech lending juga terus bertambah, per Februari 2019 terjadi tambahan 11 fintech baru yang terdaftar di OJK dari sebelumnya 88 fintech di bulan Desember 2018.



Pertanyaannya, sampai kapan pertumbuhan ini akan berlangsung? Siapa yang akan bertahan?

Advertisement

Trend & Uncertainty

Masa depan pelaku bisnis dan industrinya selalu menjadi tabir misteri. Seperti apa industri fintech khususnya P2PL di masa mendatang? Akankah tetap atraktif untuk dimasuki pendatang baru? Akankah layanan ini tetap didambakan para peminjam dan pemberi pinjaman?

Untuk melihat seperti apa yang terjadi dengan industri fintech, cobalah lihat berbagai tren maupun ketidakpastian yang mempengaruhinya. Tren pertumbuhan jumlah peminjam, jumlah pemberi pinjaman, dan jumlah dana yang disalurkan  memperlihatkan skenario optimistis dari industri. Hal ini diperkuat dengan kenyataan bahwa masih cukup besar segmen yang belum terjangkau oleh bank.

(Baca: Investasi di Sektor Fintech Tumbuh 93% Tahun Lalu)

Halaman:
Ade Febransyah
Ade Febransyah
Guru Inovasi Prasetiya Mulya Business School
Editor: Yuliawati

Catatan Redaksi:
Katadata.co.id menerima tulisan opini dari akademisi, pekerja profesional, pengamat, ahli/pakar, tokoh masyarakat, dan pekerja pemerintah. Kriteria tulisan adalah maksimum 1.000 kata dan tidak sedang dikirim atau sudah tayang di media lain. Kirim tulisan ke [email protected] disertai dengan CV ringkas dan foto diri.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement