Suzuki Dukung Inovasi Pengembangan Mobil Listrik

Tim riset yang berada di bawah naungan Program Studi Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada ini mendapat dukungan penuh dari Suzuki untuk inovasi mobil listrik karya mereka yang bernama “Arjuna”.
Image title
Oleh Padjar Iswara
20 Agustus 2017, 14:37
GIIAS 2017
Arief Kamaludin|KATADATA
Stand pamer mobil Suzuki di ajang GIIAS 2017, Kamis, (10/08)

Katadata – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendukung inovasi generasi muda dalam perakitan mobil listrik. Hal ini diumumkan Suzuki dengan mengundang tim riset Universitas Gadjah Mada Yogyakarta di ajang GIIAS 2017.

Tim riset yang berada di bawah naungan Program Studi Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada ini mendapat dukungan penuh dari Suzuki untuk inovasi mobil listrik karya mereka yang bernama “Arjuna”, di ajang Formula Student Automotive Engineer 2017 di Jepang.

“Sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami Suzuki mau berkolaborasi demi kesuksesan di Jepang nantinya,” ujar Luqman Adi Prasetya, Ketua Tim Riset Mobil Listrik Arjuna UGM, di ICE BSD saat acara student day di GIIAS 2017, baru-baru ini.

Menurut dia, menjadi pihak sponsor bukan hanya sebatas hubungan transaksional. Lebih dari itu, secara tidak langsung Suzuki telah menjadi bagian dari perubahan bangsa, mengingat ini adalah sebuah teknologi yang akan membawa Indonesia ke taraf yang lebih maju.

Ajang Formula Student Automotive Engineer bertujuan mengembangkan sumber daya manusia melalui dukungan pemerintah, industri, dan academia untuk berkontribusi dalam pengembangan dan promosi baik teknologi maupun industri otomotif dengan para siswa berperan penting dalam perencanaan, rancangan, serta perakitan automobile sendiri dalam kompetisi kemampuan monozukuri (keahlian) yang komprehensif.

Kompetisi ini juga merupakan ajang internasional pertama, di mana tim Arjuna Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan bertanding di Shizuoka 5-9 September 2017 nanti.

Sebelum mengikuti Formula Student Automotive Engineer, tim mobil listrik Arjuna telah menorehkan banyak prestasi di ajang kompetisi mobil listrik tingkat nasional. Selama 9 bulan persiapan, mobil listrik Arjuna sudah mencapai tahap test drive.

Head of Brand Development & Marketing Research, Harold Donnel, pada kesempatan yang sama menjelaskan, kerja sama Suzuki dengan Tim Arjuna juga merupakan blue-print untuk wajah Suzuki di mata masyarakat.

“Keterlibatannya dalam proses pembuatan mobil listrik karya mahasiswa adalah bukti nyata keselarasan antara pihak korporat dengan kalangan akademisi,” ujar Harold.

Suzuki mendukung penuh keikutsertaan tim Arjuna di ajang Formula Student Automotive Engineer 2017 yang merupakan langkah maju dalam pengembangan mobil listrik serta wujud upaya tim Arjuna untuk mengharumkan nama Universitas Gadjah Mada dan Indonesia di kancah internasional.

Video Pilihan

Artikel Terkait