Wujudkan Komitmen Integritas, BC Jateng DIY Luncurkan Buku

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
11 Agustus 2020, 19:03
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Semarang – Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Tengah (Jateng) dan DIY meluncurkan sebuah buku “Bersama Pasti Bisa – Menjadi Baik Saja Tidak Cukup”. Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto, pada Selasa (11/08) berkata bahwa buku ini bercerita tentang identitas dan keberagaman yang berasal dari sepuluh kantor Bea Cukai di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta yang dikemas secara menarik melalui kisah Ramayana. Ia juga menyampaikan bahwa buku ini merupakan langkah nyata Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dalam menegakkan dan memelihara integritas.

Secara simbolis, peluncuran buku ini telah dilaksanakan secara daring pada Rabu (05/08) lalu dan diikuti oleh perwakilan pegawai dari seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

“Buku ini merupakan semangat kami dalam membangun komitmen menuju wilayah bebas korupsi (WBK)/wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Buku ini pula kami jadikan cambuk agar kami terus bekerja dan berkarya membangun negeri dalam menjaga reputasi Kementerian keuangan yang terpercaya,” kata Padmoyo.

Bentuk komitmen dalam buku ini tertuang dalam Lima Semangat Pasti Bisa (5 SETIA) yang meliputi integritas, teladan, kolaborasi, reward & punishment, dan perbaikan berkelanjutan. Sebanyak 1147 orang pegawai di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY menyatakan komitmennya dengan membubuhkan tanda tangan dalam buku.

Padmoyo mengatakan, buku ini dapat menjadi catatan, sejarah, dan pengingat, karena semua yang tertulis baik berupa kata-kata bijak, pujian, dukungan, dan harapan dari para pemangku kepentingan kepada seluruh jajaran insan Bea Cukai pada umumnya dan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY pada khususnya. “Tidak akan pernah kita cederai melalui tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan, Sikap Dasar Pegawai DJBC, 5 Semangat Pasti Bisa untuk saat ini dan selama-lamanya,” kata Padmoyo.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi, yang membuka acara peluncuran buku mengungkapkan apresiasi atas peluncuran buku ini. Ia menyampaikan bahwa buku ini bisa menjadi warisan bagi Bea Cukai karena berisi tentang laporan capaian masing-masing satuan kerja, sekaligus menjadi cerminan komitmen dan tekad untuk membagun Bea Cukai makin baik. “Buku ini luar biasa, tidak semata-mata karena bukunya bagus, namun isinya mengandung dua hal. Pertama, buku ini mengandung filosofi kuat yang disampaikan oleh pimpinan-pimpinan melalui quote-nya. Ini mencerminkan komitmen dan tekad kita untuk menjadikan Bea Cukai menjadi makin baik. Di samping itu buku ini juga menyampaikan laporan-laporan kisah sukses dari masing-masing satuan kerja,” katanya. Dengan peluncuran buku “Bersama Pasti Bisa – Menjadi Baik Saja Tidak Cukup” ini, Heru berharap dapat menjadi semangat baru bagi Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dan seluruh satuan kerja di bawahnya untuk terus menegakkan dan memelihara integritas.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...