Bea Cukai Aceh Resmikan Kawasan Berikat Pertama di Lhokseumawe

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
14 Agustus 2020, 20:05
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Lhokseumawe – Sejalan dengan misi Bea Cukai untuk memfasilitasi perdagangan dan industri, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Aceh memberi fasilitas perizinan berupa penetapan tempat sebagai kawasan berikat dan pemberian izin pengusaha kawasan berikat kepada PT Sinergy Peroksida Industri (PT SPI) yang berlokasi di Keude Krueng Geukeuh, Aceh Utara, pada Senin (10/08).

Sebelum izin diterbitkan, perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan pengolahan hidrogen peroksida H2O2 ini pada hari yang sama telah memaparkan proses bisnis sebagai salah satu tahapan untuk pemberian fasilitas kawasan berikat. Pemaparan proses bisnis tersebut dilaksanakan di kantor Bea Cukai Lhokseumawe.

Advertisement

“Acara ini diawali dengan pemaparan proses bisnis perusahaan oleh tax manager PT SPI, Koen Hartata Wiguna dan dilanjutkan dengan presentasi Direktur Utama PT SPI, Mokhamad Danain DH,” kata Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh, Safuadi melalui siaran pers, Jumat (14/98).

Danain, kata dia, juga menyampaikan struktur organisasi, proses bisnis, dan persyaratan lainnya yang telah dipenuhi perusahaan. Persyaratan tersebut dibutuhkan untuk memperoleh fasilitas kawasan berikat.

Safuadi mengatakan, kawasan berikat merupakan tempat penimbunan berikat untuk menimbun barang impor dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah pabean. Barang-barang tersebut akan diolah atau digabungkan, yang hasilnya terutama untuk diekspor.

Ia berharap semakin banyak perusahaan di Aceh yang memanfaatkan fasilitas kawasan berikat ini. Dia mendukung Bea Cukai untuk menjadikan Indonesia, khususnya Provinsi Aceh sebagai wilayah rujukan penghasil komoditi ekspor ternama di dunia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement