Pertemuan Bea Cukai se-ASEAN Hasilkan Beberapa Keputusan Penting

Image title
20 Agustus 2020, 02:00
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta – Administrasi kepabeanan se-Asia Tenggara baru saja mengadakan pertemuan tahunan ASEAN Directors-General of Customs Meeting pada 18-19 Agustus 2020. Pertemuan dihadiri oleh 10 negara anggota ASEAN, Sekretariat ASEAN, dan mitra wicara ASEAN, yaitu Australia, China, Jepang, Korea serta World Customs Organization (WCO). Selain itu, hadir pula dalam pertemuan tersebut sejumlah asosiasi bisnis ASEAN, seperti ASEAN Business Advisory Council (ABAC), EU ASEAN Business Council (EU-ABC), dan US-ABC.

Pertemuan tahun ini yang merupakan pertemuan ke-29 diselenggarakan secara virtual mengingat pandemi Covid-19 tengah mewabah di seluruh dunia. Pertemuan yang dipimpin oleh negara Myanmar selaku Chair of ASEAN Customs baru, setelah sebelumnya dipegang oleh Lao PDR, juga diikuti oleh delegasi kepabeanan Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi. Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Syarif Hidayat dan Direktur Audit Kepabeanan dan Cukai Kushari Suprianto ikut mendampingi Heru.

Advertisement

Syarif mengungkapkan bahwa beberapa keputusan penting dihasilkan dari pertemuan ini. Salah satu keputusan penting yang dihasilkan dari pertemuan tersebut adalah pengesahan dokumen Strategic Plan of Customs Development (SPCD) 2021-2025. “Isinya berisikan pemikiran dan aktivitas-aktivitas pendukung di area-area strategis kepabeanan untuk mencapai integrasi kepabeanan di ASEAN,” kata Syarif melalui siaran pers, Rabu (19/08)

Keputusan lain yang juga dihasilkan adalah kerja sama antara administrasi pabean dan pajak di bidang post clearance audit (PCA), serta penyusunan standar minimal untuk importasi limbah plastik. Keputusan tersebut  merupakan beberapa usulan Indonesia yang berhasil didorong untuk masuk sebagai aktivitas dalam SPCD 2020-2025. “Selain itu, fasilitasi perdagangan, e-commerce, peningkatan kerja sama intelijen dan penindakan, serta capacity building mendominasi diskusi di antara negara ASEAN maupun dengan mitra wicara ASEAN,” ujar Syarif.

Pada pertemuan ini, Indonesia yang juga menjabat sebagai Vice Chair of WCO Asia Pacific didaulat untuk memandu sesi konsultasi antara ASEAN dan WCO. Dalam kesempatan tersebut, WCO mempertegas peran penting administrasi pabean dalam menjaga keseimbangan antara fasilitasi perdagangan dan mengamankan rantai pasok, terutama di masa pandemi COVID-19.

Pada saat ini banyak negara harus membuka perbatasan untuk mempercepat arus barang, khususnya yang digunakan untuk menangani COVID-19. Pertemuan sepakat pada satu pandangan terhadap pentingnya memperkuat kolaborasi antar administrasi pabean di masa-masa penuh tantangan seperti saat ini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement