BC dan Baharkam Polri Perkuat Sinergi Pengawasan Sumber Daya

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
24 Agustus 2020, 20:04
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta – Bea Cukai bersama dengan Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Baharkam POLRI) melakukan penandatanganan kerja sama peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, pada Senin (24/08).

Perjanjian kerja sama tersebut berlaku selama tiga tahun sejak ditandatangani. Ruang lingkupnya meliputi pertukaran data dan/atau informasi, kegiatan patroli dan latihan patroli bersama antara Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) dengan Bea Cukai yang melibatkan personel, sarana dan/atau prasarana, pelibatan dan pembinaan Unit K-9 yang dimiliki Bea Cukai dan Baharkam, serta bantuan pengerahan sarana patroli dan/atau personel dalam keadaan mendesak.

Bea Cukai merupakan instansi yang berwenang mengawasi lalu lintas barang impor dan ekspor memiliki kewenangan patroli laut sesuai dengan mandat peraturan dan perundang-undangan serta menjadi salah satu bagian dari mata rantai pengawasan laut nasional.

Tugas pengawasan atas lalu lintas barang impor dan ekspor oleh Bea Cukai tidak hanya terbatas pada sisi fiskal yang berupa pemenuhan ketentuan peraturan di bidang kepabeanan dan cukai untuk memastikan pengamanan dan kesinambungan penerimaan negara, keseimbangan neraca perdagangan dan neraca berjalan, tetapi juga termasuk sisi non- fiskal.

Tugas sisi non-fiskal  seperti pemenuhan ketentuan larangan dan pembatasan impor atau ekspor, pelanggaran hak atas kekayaan intelektual (HAKI), dan penindakan atas barang yang terkait dengan terorisme dan/atau kejahatan lintas negara yang diatur dalam peraturan perundang-undangan lainnya.

Salah satu strategi pengawasan laut yang dapat dilakukan Bea Cukai untuk melaksanakan patroli laut di bidang kepabeanan dan cukai secara optimal salah satunya dengan upaya memaksimalkan pertukaran data dan informasi. Selain itu peningkatan kemampuan taktis operasi dan pengembangan metode/teknologi dan sumber daya manusia (SDM) tepat guna, dengan melibatkan berbagai institusi baik di tingkat nasional maupun internasional dengan berpegang prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...