Bea Cukai Dukung IKM Tingkatkan Perekonomian Indonesia Lewat Ekspor

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
25 Agustus 2020, 19:40
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Bogor – Bea Cukai Bogor bersama dengan Bea Cukai Wilayah Jawa Barat mengawal pelepasan ekspor perdana biji kopi roasted oleh PT UCC Victo Oro Prima sebanyak 4,8 ton pada Selasa (18/08). Biji kopi tersebut akan diekspor ke Shanghai, China.

PT UCC Victo Oro Prima merupakan salah satu penerima fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor industri kecil dan menengah (KITE IKM) yang bergerak di Industri pengolahan kopi. Jenis barang yang diimpor berupa bahan pengemas. Tujuan pengeluaran hasil produksi kopi roasted yang terdiri atas ground dan whole bean dengan tujuan penjualan lokal dan ekspor ke Taiwan, Korea, dan China, dan selanjutnya Vietnam.

Advertisement

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution  mengatakan Bea Cukai berupaya selalu medukung perusahaan dalam mendapatkan stimulus fiskal dan kemudahan-kemudahan lainnya untuk mendukung IKM. Diharapkan IKM Jawa Barat dapat berkontribusi besar dalam peningkatan volume ekspor sehingga,”dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat, bahkan Indonesia,” katanya.

Direktur PT UCC Victo Oro Prima, Victor Waskito Purwana mengatakan, dengan adanya permintaan ekspor di tengah kondisi pandemi Covid-19, merupakan salah satu bukti eksistensi perusahaan. “Tentu saja ini juga didukung berbagai pihak sambil melakukan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya.

Ekspor produk kopi olahan seperti yang dilaksanakan oleh PT UCC Victo Oro Prima ini diharapkan dapat memotivasi perusahaan kopi lain untuk berkiprah di pasar lokal dan internasional.  Tentunya dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah sehingga dapat bersama-sama berkontribusi untuk penerimaan negara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement