Tak Hanya Mengawasi, Patroli Laut BC Juga Terlibat di Misi Kemanusiaan

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
2 September 2020, 19:25
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Badung – Generator menyala, mesin induk mengikuti, alarm umum dibunyikan, pertanda kapal akan beranjak dari Pelabuhan Atapupu. Semua awak patroli bersiap di posnya masing-masing. Mualim membuat skema perjalanan. Pagi itu kapal akan menuju Pulau Wetar dengan memakan perjalanan sekitar lima hingga enam jam.

Alam memang tak menentu, gelombang tinggi dan angin berkecepatan 36 mil/jam menghajar kapal patroli. Komandan Patroli Laut Kapal BC7002, Mansur Purba mengintruksikan anak buah kapalnya untuk sandar mencari tempat aman. Sekitar satu jam mencari, akhirnya mereka memutuskan sandar di Pelabuhan Pulau Liran sekitar pukul 14.00 WITA.

Saat itu terlihat perahu motor kecil dari kejauhan. Tampak dua orang anak kecil dan tiga orang dewasa berada di kapal itu. Sampai ketika sandar, suara bayi terdengar. Awak kapal pun menghampiri, satu orang ibu berbaring dan merintih kesakitan. Ternyata ia baru melahirkan. Ia bernama Ibu Adolpina Magelang Berasal dari Desa Ilmamau, Kecamatan Wetar Barat, Kecamatan Maluku Barat Daya.

“Butuh waktu sekitar satu jam menggunakan perahu motor dari Pulau Wetar sampai ke Pulau Liran tempat puskesmas berada,” kata Mansur, pada Rabu (02/09) ketika mengenang kembali keterlibatan Satgas Patroli Laut Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB dan NTT dengan Kapal Patroli BC 7002 dalam misi kemanusiaan penyelamatan seorang ibu dan bayi di Pulau Liran, Maluku pada 30 Agustus 2020 lalu.

Menurut dia, perahu motor tersebut berasal dari pinjaman pihak Gereja setempat. Namun, belum sampai ke Puskesmas, anak tersebut sudah lahir. Permasalahannya, plasenta (ari-ari) belum keluar. Butuh waktu lumayan lama untuk dokter dan bidan dari Puskesmas sampai ke Pelabuhan Liran.

Pulau Liran berpenduduk sekitar 1.000 jiwa, tenaga medis untuk kecamatan Wetar Barat hanya ada di Pulau Liran. Jalan yang masih alami, sunyi, dan sepi membuat semuanya menjadi lama. Pulau Liran masuk dalam pengawasan Kanwil BC Bali Nusa Tenggara berdasarkan PMK 188/PMK 01 / 2016.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...