Hasil Survei Kepuasan Layanan Contact Center Bea Cukai Tahun 2020

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
3 September 2020, 21:00
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta– Bea Cukai merilis hasil survei kepuasan pengguna layanan Contact Center Bea Cukai 1500225 periode 2019. Survei  tersebut dilakukan oleh lembaga independen PT Telexindo Bizmart.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai, Syarif Hidayat, menyatakan hasil survei 2019 menunjukkan angka kepuasan sebesar 8,784 dengan target 7,3. Pencapaian tersebut meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 8,027. “Adapun angka skor customer satisfaction index (CSI/CSAT) sebesar 3,79 atau 67,13 persen,” katanya.

Advertisement

Survei yang dilaksanakan pada periode 31 Oktober hingga 27 November 2019 tersebut menggunakan tiga metode pengukuran. Pertama, perbandingan dengan IKU yang telah ditetapkan. Kedua, pengukuran survei kepuasan layanan yang mengacu pada PermenPAN-RB Nomor 14 Tahun 2017. Ketiga, pengukuran survei menggunakan standar pengukuran internasional seperti CSAT dan CSI. Jumlah responden terdiri atas 2.457 alamat email yang mengisi kuisioner.

Survei tersebut disusun melalui pernyataan-pernyataan berdasarkan servqual yang meliputi lima dimensi pernyataan, yaitu responsiveness, tangible, empathy, assurance, dan reliability.

Syarif menambahkan bahwa kuesioner penilaian survei berisi 11 aspek pernyataan, yaitu meliputi mudah mendapatkan pelayanan, menyediakan pilihan layanan, melayani dengan cepat, melayani dengan ramah, dan peduli pada permasalahan. Selain itu, memberikan informasi yang akurat, menguasai prosedur dengan baik, menyelesaikan permintaan informasi sesuai janji, memberikan solusi sesuai kebutuhan, dan biaya layanan terjangkau. “Dengan nilai tertinggi diraih pada aspek melayani dengan ramah sebesar 9,57.”

Dalam pengisian kuisioner survei kepuasan pengguna layanan, terdapat 188 tanggapan yang terangkum dalam beberapa topik dari jumlah paling banyak sampai paling sedikit, yaitu penguasaan peraturan, kecepatan pelayanan, kesulitan menghubungi, peningkatan pelayanan, dan layanan media sosial. Selanjutnya, aplikasi, tindak lanjut, pertahankan pelayanan, penambahan agent, petugas lapangan, penambahan line telepon, cara komunikasi dan keramahan, putus sambungan, dan biaya layanan.

Namun demikian, masih diperlukan beberapa evaluasi dan perbaikan dalam beberapa aspek di antaranya, kecepatan memberi pelayanan, biaya pelayanan terjangkau, dan kemampuan memberikan solusi.

Meskipun pandemi Covid-19 tengah melanda, Bea Cukai terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima yang akan terus ditingkatkan kepada masyarakat. Bagi masyarakat yang ingin bertanya terkait permasalahan kepabeanan dan cukai dapat menghubungi Contact Center Bravo Bea Cukai di nomor layanan 1500225, live chat di alamat bit.ly/bravobc  atau dengan mengunjungi akun sosial media resmi Contact Center Bravo Bea Cukai yaitu Instagram @BravoBeaCukai, Twitter @BravoBeaCukai, dan Facebook “Bravo Bea Cukai”

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement