Bea Cukai Pantoloan Lepas Ekspor Kelapa dan Kayu Olahan

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
16 September 2020, 18:20
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Palu – Kepala Kantor Bea Cukai Pantoloan, Alimuddin Lisaw melepas ekspor langsung dari Terminal Peti Kemas (TPK) Pantoloan, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (12/09) lalu. Dalam kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah ini, Alimuddin Lisaw menyampaikan bahwa Bea Cukai Pantoloan siap melayani kegiatan ekspor 24 jam.

“Untuk meningkatkan potensi ekspor yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah, kami buka layanan ekspor 24 jam penuh,” kata dia.

Selain itu, Bea Cukai Pantoloan juga berharap terjalin kerja sama yang baik antar seluruh instansi terkait serta para pelaku usaha di bidang ekspor agar ekspor Provinsi Sulawesi Tengah semakin gencar, ujar Alimuddin.

Setelah Alimuddin menyerahkan nota pelayanan ekspor kepada pimpinan CV. Bumi Mandiri Indo Coconut dan CV. Suara Alam selaku eksportir, kontainer komoditas ekspor kelapa dan kayu olahan tujuan Vietnam, Korea, China, Jepang, dan Malaysia dilepas secara simbolis oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola.

Longki menyampaikan bahwa di samping komoditas migas, komoditas non migas seperti kelapa dan kayu olahan juga sangat membantu dalam memajukan perekonomian Provinsi Sulawesi Tengah.

Selain kelapa biji, kayu olahan, cokelat dan rotan, cukup banyak komoditas asal Sulawesi Tengah merambah pasar internasional. Di antaranya, getah pinus, jagung, arang, olahan dari getah pinus (rosin dan turpentine), ikan bandeng, serta bawang goreng yang dikirim pengusaha dari Palu ke negara-negara di Asia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...