Di Pati, Bea Cukai Beri Fasilitas Kawasan Berikat secara Online

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
17 September 2020, 19:00
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Semarang –  Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jateng dan DIY memberi fasilitas fiskal berupa izin kawasan berikat kepada PT Sejin Fashion Indonesia, perusahaan konveksi asal Korea yang berlokasi di Pati.

Izin tersebut diberikan secara daring untuk semakin mempermudah perusahaan sekaligus sebagai upaya meminimalisasi penyebaran Covid-19. Izin ini menjadi izin kawasan berikat ketiga belas yang diterbitkan Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY pada tahun ini.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Amin Tri Sobri, mengungkapkan bahwa penerbitan izin ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas mengenai penetapan program pemulihan ekonomi nasional di Istana Merdeka, Jakarta, melalui telekonferensi pada Rabu, 3 Juni 2020 lalu.

Presiden meminta Bea Cukai agar membuat program yang tepat, dapat dieksekusi dengan cepat,  memberi manfaat nyata bagi para pelaku usaha, utamanya yang bergerak di sektor industri padat karya, dan mencegah terjadinya PHK secara masif sekaligus mampu mempertahankan daya beli para pekerja dan karyawannya.

Amin menjelaskan bahwa penerbitan izin kawasan berikat sangat bermanfaat. Dengan fasilitas ini maka perusahaan antara lain bisa memperoleh fasilitas penangguhan pembayaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor atas importasi bahan baku yang kemudian akan diekspor.

“Fasilitas pemerintah ini dapat membantu berkembangnya perusahaan dan secara tidak langsung membantu pemulihan ekonomi nasional khususnya di Jawa Tengah,” ujarnya.

Direktur Sejin Fashion, Yoon Young Jun, menyampaikan apresiasi kepada Bea Cukai atas asistensi yang diberikan selama proses permohonan fasilitas. Yoon menjelaskan bahwa pembangunan perusahaannya direncanakan selesai pada November 2020. Perusahaannya sepenuhnya akan mengekspor hasil produksinya ke Korea. Adapun bahan bakunya diperoleh dari proporsi impor 60 persen dan 40 persen dari lokal.

Yoon juga menambahkan bahwa Sejin Fashion mempunyai kapasitas produksi sebanyak 8.000 buah  per hari. Terdiri atas 1.000 buah per hari berupa suit atas, 3.000 buah per hari suit bawah dan 4.000 buah  per hari berupa kemeja. Nantinya perusahaaan akan merekrut pegawai secara bertahap sebanyak 4.000 pegawai. Pada tahap awal akan merekrut 1.200 karyawan dengan memprioritaskan masyarakat sekitar.

Sejin Fashion, kata dia,  bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pati dalam proses rekrutmen 4.000 pegawai, dengan memprioritaskan masyarakat sekitar dan pelajar–pelajar SMA/SMK di Kabupaten Pati. “Hal ini kami lakukan dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan,” kata Yoon.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...