Operasi Patuh Cukai di Jawa Timur Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
18 September 2020, 16:01
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta – Bea Cukai di wilayah Jawa Timur kembali berhasil menggagalkan peredaran rokok ilegal. Sebagai salah satu daerah produksi dan target pemasaran rokok ilegal, Bea Cukai terus berupaya untuk menekan sirkulasi rokok ilegal di wilayah tersebut.

Dalam rangka menjalankan Operasi Patuh Cukai pada September 2020, Bea Cukai Malang telah berhasil mengamankan sebanyak 29.224 batang rokok ilegal di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, pada Rabu (16/09).

Advertisement

Penindakan dapat dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat terkait adanya toko yang menjual rokok ilegal di Tirtoyudo. “Dari kasus ini kerugian negara ditaksir mencapai Rp13,2 juta,” kata Latif Helmi, Kepala Kantor Bea Cukai Malang.

Masih dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Cukai, Bea Cukai Blitar juga berhasil mengamankan rokok yang tidak dilekati pita cukai sebanyak 33.486 batang. Selain itu petugas juga berhasil mengamankan 810 gram tembakau iris tanpa pita cukai.

“Total nilai barang mencapai Rp33,4 juta dengan potensi kerugian mencapai Rp19,2 juta,” kata Akhiyat Mujayin, Kepala Kantor Bea Cukai Blitar.

Sebelumnya Bea Cukai Blitar juga mengadakan operasi bersama berantas rokok ilegal bersama Dinas erindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar pada tanggal 8-10 September 2020. Operasi yang juga menggandeng Satpol PP dan Sekretariat Daerah Blitar ini menyasar tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Wonodadi, Kecamatan Srengat, dan Kecamatan Wonodadi.

“Dari operasi bersama ini kami berhasil mengamankan 28 pak rokok tanpa merk, 8 pak rokok polos dan, 104 pak rokok tanpa pita cukai,” ujar Akhiyat.

Tidak ketinggalan, Bea Cukai Gresik juga menindak rokok ilegal di Kabupaten Lamongan pada Selasa (15/09). “Dari penindakan kali ini berhasil diamankan 9.560 batang rokok tanpa pita cukai senilai Rp5,01 juta,” ungkap Bier Budy Kismulyanto, Kepala Kantor Bea Cukai Gresik.

Bea Cukai menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam memerangi peredaran rokok ilegal. “Tak henti kami mengajak semua kalangan untuk bersama Bea Cukai Malang menggempur rokok ilegal,” kata Bier Budy.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement