Berkat Tim Percepatan Ekspor, Cakalang Maluku Tembus Pasar Jepang

Bea Cukai Ambon yang tergabung dalam tim percepatan ekspor Maluku melepas ekspor perdana PT Aneka Sumber Tata Bahari, pada Jumat (18/09).
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
24 September 2020, 18:02
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Ambon – Bea Cukai Ambon yang tergabung dalam tim percepatan ekspor Maluku melepas ekspor perdana PT Aneka Sumber Tata Bahari, pada Jumat (18/09). Sebanyak 25.500 Kg ikan cakalang dengan nilai devisa mencapai US$34.589,50 diekspor perusahaan tersebut ke Jepang.

Kelancaran ekspor perdana PT Aneka Sumber Tata Bahari ini merupakan wujud nyata sinergitas antara Pemprov Maluku, BKIPM dan Bea dan Cukai yang tergabung dalam tim peningkatan ekspor Provinsi Maluku.

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, Saut Mulia menyampaikan, salah satu faktor penting dalam peningkatan perekonomian adalah pentingnya kuantitas, kualitas dan kontinuitas (3K) dalam kegiatan ekspor PT Aneka Sumber Tata Bahari, “sehingga membawa dampak positif bagi perekonomian provinsi Maluku.”

Atas kinerja tim percepatan ekspor Provinisi Maluku, PT Aneka Sumber Tata Bahari dapat mengekspor kembali setelah vakum selama delapan tahun. Ikan Cakalang yang dieskpor diklaim oleh PT. Aneka Sumber Tata Bahari memiliki kualitas premium yang ditangkap menggunakan alat tangkap pancing ulur (hand line). Adapun produk ikan cakalang beku akan dijadikan ikan kayu atau biasa disebut Katsuobushi yang merupakan salah satu produk makanan ikan favorit di Jepang.

Video Pilihan

Artikel Terkait