Kanwil Bea Cukai Jakarta Beri Izin KITE kepada Produsen Energi Surya

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
25 September 2020, 17:33
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta – Dalam menjalankan fungsinya sebagai trade facillitator dan industrial assistance, Bea Cukai terus berbenah dan mengoptimalikan pelayanan. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jakarta, Decy Arifinsjah, Jumat (25/09), setelah pada 17 September 2020 memberi  fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) kepada dua perusahaan, yaitu PT Sky Energy Indonesia dan PT Komatsu Indonesia.

Decy mengatakan, pelayanan terus dilaksanakan khususnya kepada para perusahaan dan pelaku usaha, guna mendorong kegiatan ekspor nasional dan menstimulus perekonomian dalam negeri, serta sebagai antisipasi dalam menghadapi dampak Covid-19 terhadap dunia usaha.

“Salah satu pelayanan kepabeanan yang kami berikan ialah izin KITE untuk perusahaan yang telah memenuhi syarat,” kata Decy,”seperti persyaratan information technology (IT), inventori perusahaan dan pelaksanaan pemaparan profil bisnis perusahaan.”

Masih menurut Decy, hanya berselang satu jam dari pemaparan profil bisnis perusahaan oleh PT Sky Energy Indonesia, Bea Cukai Jakarta segera mengeluarkan izin KITE. Ia menambahkan, pemberian fasilitas ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi para perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, terutama dalam suasana pandemi Covid-19 yang tentunya berdampak kepada para pelaku usaha.

Melalui fasilitas KITE, kata dia, pelaku usaha akan mendapatkan manfaat berupa kemudahan berupa pengembalian bea masuk. “Hal ini dapat menekan cashflow perusahaan sehingga mendorong peningkatan daya saing perusahaan, investasi, dan ekspor nasional.”

PT Sky Energy Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi surya khususnya panel surya. Direktur PT Sky Energy Indonesia, Naoki Ishikawa memaparkan, perusahaan ini telah melakukan ekspor panel surya ke berbagai negara, seperti ke Amerika dan Kanada. Perusahaan tersebut juga menjadi perusahaan yang dapat memproduksi lima puluh mega watt piksel surya dan seratus mega watt pikmodul surya setiap tahunnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...