Survive di Masa Pandemi, Ini Terobosan Pos Indonesia Lewati Masa Sulit

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
1 Oktober 2020, 12:29
PT Pos Indonesia (Persero)
Katadata
PT Pos Indonesia (Persero) berinovasi digital melalui Aplikasi QPOSinAja, menjawab kebutuhan masyarakat terhadap layanan kiriman saat pandemi.

BANDUNG - Pandemi COVID-19 tak hanya menimbulkan krisis kesehatan bagi masyarakat, tetapi juga meluluhlantakkan sendi-sendi ekonomi yang telah puluhan tahun dibangun. Tidak sedikit sektor ekonomi yang terhempas cukup dalam. Sebagian lainnya mampu bertahan (survive) dengan berbagai terobosan penting agar bisa selamat melewati krisis.  

Upaya bangkit di tengah pandemi, juga dilakukan PT Pos Indonesia (Persero). BUMN yang bergerak di bidang jasa kiriman dan layanan jasa keuangan ini mencoba bertahan, dengan menanggung beban berat 28.000 karyawan.

Perjalanan panjang dan melelahkan itu akhirnya berhasil dilalui dan Pos Indonesia mulai bangkit kembali saat ini. Saat pandemi tiba pada Maret lalu, Pos Indonesia bergerak cepat membuat berbagai terobosan, berinovasi pada lini jasa pengiriman, yaitu meluncurkan Aplikasi QPOSinAja.

Aplikasi ini menjadi jawaban atas kondisi pada awal pandemi, ketika masyarakat melakukan aktivitas di rumah atau work from home (WFH). Di sisi lain, aktivitas ekonomi mesti tetap berjalan dengan mengandalkan penjualan online.

Aplikasi QPOSinAja hadir menjadi solusi agar aktivitas ekonomi tetap berjalan walaupun tanpa kontak langsung antara penjual dan pembeli. QPOSinAja menjadi penghubung antara kedua belah pihak, yaitu pengirim dan penerima barang.

Layanan ini lahir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat melakukan pengiriman barang saat dilakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Saat PSBB, masyarakat dianjurkan tinggal di rumah saja. Layanan pengiriman bisa dilakukan menggunakan handphone atau PC di rumah sendiri. Cukup mengunduh (download) di Playstore, QPOSinAja akan memberi layanan kiriman dengan fitur lengkap.

Mulai dengan fitur pickup service, yang akan mendukung Anda tetap bisa melakukan pengiriman tanpa keluar rumah karena barang yang dikirim akan diambil oleh O-Ranger. Layanan ini bisa diakses apabila Anda melakukan pemesanan menggunakan online booking.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...