Bea Cukai Aktif Bantu Perusahaan Berpotensi Ekspor di Berbagai Wilayah

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
6 Oktober 2020, 18:02
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Jakarta– Upaya pemerintah dalam menjalankan pemulihan ekonomi nasional salah satunya dilakukan dengan mendorong ekspor dari berbagai wilayah di Indonesia. Hal tersebut diwujudkan oleh Bea Cukai dengan menjemput bola mendatangi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menggali potensi ekspor.

Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa. Barat, pada Jumat (25/09), mengadakan diskusi terkait upaya ekspor dengan Kelompok Tani Gotong Royong Pasir Manglayang Sumedang. “Mereka berencana akan mengekspor kopi sebanyak 40 Ton ke Jerman,” kata Saipullah Nasution, Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat.

Bea Cukai akan membantu lewat klinik ekspor dengan menjelaskan tata cara ekspor komoditas ke luar negeri. Selain itu, Kelompok Tani Gotong Royong akan mengadakan pertemuan dan menandatangani MoU dengan calon pembeli di Jerman.

Geliat ekspor tidak hanya ditingkatkan di wilayah Jawa. Bea Cukai Jayapura turut memberi asistensi kepada para pengusaha ekspor vanili di Jayapura dan bekerja sama dengan Kabupaten Jayapura serta Pemerintah Provinsi Papua untu mengirim hasil pengolahan vanili petani lokal ke Jawa.

Dalam acara tersebut, Wayan selaku pemilik pabrik pengolahan vanili menjelaskan bahwa produk vanili tersebut belum bisa diekspor langsung dari Papua karena masih terdapat beberapa tahap proses produksi di pabrik PT ASI Klaten. Wayan berharap bahwa ke depannya berencana untuk berkoordinasi dengan Bea Cukai Jayapura terkait peluang ekspor langsung vanili dari Jayapura.

“Di tengah pandemi Covid-19, kami punya potensi untuk mengangkat ekonomi yang tengah diuji,” Yohanes Iwan selaku Kepala Seksi Perbendaharaan Kantor Bea Cukai Jayapura.  Bea Cukai Jayapura, katanya, siap memberi asistensi dan memfasilitasi ekspor selanjutnya agar dapat menghasilkan kekuatan ekonomi Indonesia yang semakin maju.

Masih di wilayah Papua, Bea Cukai Merauke lakukan kunjungan ke PT Bintang Fahri Internasional yang bergerak di bidang produksi produk perikanan. Saat ini, Taufik Latarisa, pemilik dari perusahaan tersebut, tengah mempersiapkan produk ikan segar beku untuk dapat menembus pasar ekspor. “Kami targetkan terealisasi di akhir tahun ini atau awal tahun depan,” ujarnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...