Wamendag Apresiasi Penerima Fasilitas Kawasan Berikat di Brebes

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
12 Oktober 2020, 18:30
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Brebes – Dalam rangka menampung aspirasi dari para pelaku industri, Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga didampingi Wakil Bupati Brebes, Narjo melaksanakan kunjungan industri sekaligus turut melepas ekspor 15 juta pasang sepatu oleh PT Bintang Indokarya Gemilang di Brebes, Jumat (9/10).

PT Bintang Indokarya Gemilang telah beroperasi di Brebes sejak 2015 dengan jumlah karyawan mencapai 5.000 orang. PT Bintang Indokarya Gemilang merupakan perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat di lingkungan Bea Cukai Tegal. Bergerak di bidang produksi sepatu dengan brand Adidas, PT Bintang Indokarya Gemilang mampu mencatat nilai ekspor sebesar US$3,17 miliar pada periode Januari sampai dengan Agustus.

Nilai tersebut meningkat delapan persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya kendati tahun ini Indonesia dirundung masa pandemi. Selain itu PT Bintang Indokarya Gemilang mampu menyedialam lapangan pekerjaan bagi 5.000 orang karyawan.

Direktur Eksekutif Aprisindo, Firman Bakri mengatakan masih adanya kegiatan ekspor di tengah pandemi menunjukkan sektor alas kaki berbasis ekspor memang masih terus tumbuh. Hal ini tidak lepas dari peran fasilitas Kawasan Berikat yang diberikan oleh Bea Cukai, “sehingga cash flow perusahaan dapat dikelola dengan lebih baik untuk dikembangkan lebih baik.”

Berdasarkan pemaparan tersebut, Wakil Menteri Perdagangan menyatakan ekspor dari Kawasan Berikat sebuah kabar baik yang akan dipertimbangkan di tatanan pusat agar dapat lebih memberi dampak positif bagi perekonomian bangsa.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...