Dorong Pembangunan KIHT, Bea Cukai Mataram Bantu Pengusaha Tembakau

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
19 Oktober 2020, 17:15
Ditjen Bea dan Cukai
Katadata

Mataram— Bea Cukai Mataram melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) sekaligus Sosialisasi Pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT). Kegiatan itu diikuti oleh stakeholder terkait, di antaranya pengusaha pabrik tembakau dan pemerintah daerah yang telah menjalankan program pembangunan KIHT, serta pengusaha HT dan instansi terkait di Lombok.

KIHT merupakan kawasan tempat pemusatan kegiatan industri hasil tembakau yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana. Kawasan ini juga dilengkapi fasilitas penunjang industri hasil tembakau yang disediakan, dikembangkan, dan dikelola oleh pengusaha kawasan industri hasil tembakau.

Advertisement

Kegiatan dihadiri secara langsung Kepala Kantor Bea Cukai Mataram, I Putu Alit Sudarsono di Aula Kantor Bea Cukai Mataram dan via daring, pada Kamis (15/10).

Alit menjelaskan salah satu tujuan KIHT meningkatkan pelayanan, pembinaan industri, dan pengawasan terhadap produksi dan peredaran hasil tembakau dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Menurut Alit, tembakau yang dihasilkan di Lombok kurang lebih 44.493 ton pada 2019.  Tembakau yang diserap oleh pengusaha hanya sekitar 3 persen dari jumlah produksi, 55 persen diserap oleh mitra, dan selebihnya belum dimanfaatkan secara optimal. Karena itu dibuthkan upaya untuk mengoptimalisasi potensi ini, salah satunya dengan membangun KIHT.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement